EmitenNews.com - PT Bank KB Bukopin (BBKP) mendapat pinjaman Rp3 triliun. Fasilitas subordinasi itu, didapat perseroan dari Kookmin Bank Hong Kong Branch. Pinjaman itu akan dialokasikan oleh perseroan untuk meningkatkan, dan memperkuat modal pelengkap (Tier II).


Pinjaman subordinasi berdurasi 7 tahun tersebut telah diteken pada 29 Juni 2022. Penerimaan pinjaman subordinasi telah direalisasikan pada 30 Juni 2022. Kookmin Bank Hong Kong merupakan cabang Kookmin Bank Co. Ltd. Kookmin Bank Co, pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 67 persen per Mei 2022. 


Pinjaman itu didasari untuk mendongkrak, memperkuat modal, dan mendukung rencana bisnis harus mengambil langkah konkret. Dan, meningkatkan modal pelengkap salah satu langkah strategis yang diambil perseroan. ”Transaksi ini bentuk dukungan Kookmin Bank Hong Kong,” tulis Seng Hyup Shin, Direktur Bank KB Bukopin.


Pinjaman dengan nilai pokok Rp3 triliun itu dilabeli bunga 8,52 persen per tahun. Berdurasi 7 tahun, pinjaman subordinasi tersebut tanpa jaminan. Menyusul transaksi itu, perseroan memproyeksi Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) aktual 5,31 persen, selisih kenaikan rasio kecukupan likuiditas alias liquidity coverage ratio (LCR) 38,76 persen, dan selisih kenaikan rasio alias net stable funding ratio (NSFR) sebesar 5,77 persen. (*)