EmitenNews.com - Pyridam Farma (PYFA) baka menawarkan right issue maksimal 10.701.600.000 helai alias 10,7 miliar eksemplar. Pengeluaran saham baru tersebut dibalut dengan nilai nominal Rp100. Penerbitan saham anyar itu, setara 95,24 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan.

Right issue dijajakan dengan rasio 1:20. Artinya, setiap pemegang satu saham lawas dengan nama tercatat sebagai pemegang saham pada 21 Maret 2024, berhak 20 hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Di mana, setiap satu HMETD berhak menebus satu saham baru. 

Saat bersamaan, perseroan juga menerbitkan maksimal 178.360.000 waran seri I atau 33,33 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh kala pernyataan pendaftaran right issue. Setiap 60 saham baru hasil pelaksanaan right issue melekat satu waran seri I bagi pemegang HMETD. Setiap pemegang satu waran seri I berhak membeli satu saham sesuai harga pelaksanaan waran seri I.

Dana diperoleh dari hasil pelaksanaan right issue setelah dikurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan oleh perseroan untuk memperkuat struktur permodalan dalam mendukung pengembangan usaha. Begitu pun dengan dana hasil pelaksanaan waran Seri I, seluruhnya untuk memperkuat struktur permodalan.

Kalau jumlah hasil pelaksanaan right issue, dan  pelaksanaan waran seri I tidak mencukupi untuk memenuhi rencana itu, perseroan akan menggunakan pendanaan dari internal kas dan/atau pembiayaan dari pihak perbankan dan/atau lembaga keuangan non-bank. (*)