EmitenNews.com - Mari memaksimalkan penyaluran program kredit usaha rakyat (KUR) untuk petani. Imbauan itu datang dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) kepada perbankan di Provinsi Bengkulu, agar memudahkan  petani mengakses pembiayaan murah.

 

"Perbankan bisa memaksimalkan dukungan pembiayaan modal kepada petani di wilayah ini. Salah satunya dengan mempermudah petani dalam mengakses KUR," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJPb Bengkulu, Bayu Andy Prasetya di Bengkulu, Kamis (15/2/2024).

 

Petani perlu dibantu, antara lain karena sektor pertanian di Provinsi Bengkulu menjadi salah satu unggulan yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah sebesar 0,57 persen pada triwulan IV 2023.

 

Sayangnya, petani di Provinsi Bengkulu sering kali mengalami kendala dalam mengakses pendanaan yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian mereka.

 

Perbankan di Bengkulu memiliki peran untuk memaksimalkan dukungan kepada petani. Karena itu, kalangan  bank harus mempermudah petani untuk mengakses pendanaan seperti KUR.

 

"Kami berharap agar perbankan di Bengkulu dapat mempermudah petani dalam mengakses KUR. Salah satunya dengan memberikan KUR tanpa jaminan atau agunan sertifikat kebun," kata Bayu Andy Prasetya. ***