EmitenNews.com - Pameran Otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 untuk pertama kali digelar di Kota Bandung, Jawa Barat. Pameran yang akan berlangsung hingga 26 November 2023 ini menargetkan nilai transaksi hingga Rp1 triliun.


"Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat menargetkan minimum Rp1 triliun selama berlangsungnya GIIAS Bandung," kata Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi, Rabu.


Bandung dipilih karena Jawa Barat memiliki posisi penting dalam industri otomotif nasional. Nangoi menyebut 15,6 persen pangsa pasar otomotif nasional berasal dari Jawa Barat dan menempati posisi ke-dua nasional dalam periode Januari-Agustus 2023.


"Bandung merupakan salah satu potensi untuk pengembangan industri kendaraan bermotor. Berdasarkan data Gaikindo, Jawa Barat menduduki posisi ke-dua secara nasional penjualan kendaraan bermotor di Indonesia, dan Kami bersyukur dapat menyelenggarakan pameran GIIAS The Series di Bandung," katanya.


Nangoi juga mengatakan bahwa GAIKINDO ingin terus menjadi bagian dari pertumbuhan industri kendaraan bermotor di Jawa Barat, “Dengan penyelenggaraan GIIAS Bandung, industri otomotif Indonesia, berkesempatan untuk memperkenalkan model dan teknologi baru, khusus untuk masyarakat Jawa Barat, sehingga potensi Jawa Barat terus dapat didorong dan dimaksimalkan,” lanjut Nangoi.


Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin yang diwakili oleh Kepala Bapenda Jawa Barat Dedi Taufik berharap penyelenggaraan GIIAS Bandung 2023 bisa bermanfaat untuk Kota Bandung dan meningkatkan transaksi ekonomi Jawa Barat.


Kepala Bapenda Jawa Barat juga menyampaikan harapannya agar pelaksanaan GIIAS Bandung ini dapat terus tampil di Jawa Barat.


Mewakili Menteri Perindustrian RI, Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal ILMATE menyampaikan GIIAS The Series merupakan rangkaian pameran otomotif dari GAIKINDO yang hadir pada kota-kota strategis di Indonesia. GIIAS Bandung 2023 menjadi kota ke-4 sekaligus penutup dari GIIAS The Series 2023o.


Total 18 merek kendaraan bermotor dari berbagai lini industri berpartisipasi pada ajang GIIAS Bandung 2023. 15 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Seres, Suzuki, Toyota, Volkswagen dan Wuling. 3 merek sepeda motor, yakni Benelli, Keeway dan Royal Enfield. (*)