EmitenNews.com -Perekonomian global dimulai dengan awal yang lebih baik dari perkiraan pada tahun 2023 dengan pertumbuhan yang secara signifikan mengalahkan perkiraan kami untuk China dan secara luas sesuai dengan ekspektasi untuk AS dan zona euro , kata Fitch Ratings dalam 'Visi 20/20' terbarunya.

 

Pertumbuhan di negara-negara zona euro yang lebih besar melebihi ekspektasi. Di AS, pertumbuhan melambat tajam dari kuartal sebelumnya tetapi pertumbuhan konsumsi meningkat. Kombinasi dari pembukaan kembali China, pelonggaran yang signifikan dari krisis gas alam di Eropa dan konsumen AS yang tangguh menyumbang hasil yang lebih baik, seperti yang disorot dalam indikator frekuensi tinggi yang dilacak dalam paket grafik 'Visi 20/20' Fitch.

 

Perekonomian China tumbuh sebesar 2,2% q/q, lebih cepat dari perkiraan kami sebesar 1,4% di Global Economic Outlook (GEO) bulan Maret, didorong oleh rebound yang kuat baik dalam ekspor maupun konsumsi. Pencabutan pembatasan Covid-19 telah menghasilkan pemulihan yang cepat di sektor jasa dan penjualan properti menjadi stabil.

 

Pertumbuhan utama AS sebesar 0,3% q/q (tidak tahunan) tepat di bawah 0,4% yang diharapkan Fitch pada GEO bulan Maret dan setengah dari kenaikan 0,6% pada 4Q22. Dalam hal komposisi pertumbuhan AS, konsumsi yang kuat dan peningkatan ekspor diimbangi oleh kontraksi dalam investasi, penurunan kuartal keempat berturut-turut, dan penurunan persediaan.

 

Kawasan euro tumbuh sebesar 0,1%, sejalan dengan GEO. Namun, Italia dan Spanyol melebihi ekspektasi kami, melihat kenaikan kuat sebesar 0,5% (dibandingkan dengan -0,2% dan nol, masing-masing, di GEO), Prancis mencatat kenaikan moderat sebesar 0,2% (0,1%) sementara Jerman melihat pertumbuhan nol (- 0,3%) setelah kontraksi triwulanan sebesar 0,5% di 4Q22.