EmitenNews.com - Budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun yang sedang terbaring dalam perawatan di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, mendapat kunjungan dari Presiden Joko Widodo, Minggu (9/6/2023). Presiden tiba di RS, disambut istri Cak Nun, Novia Kolopaking dan anaknya.

 

Presiden langsung menuju ruang Cak Nun dirawat yaitu di Gedung Bedah Sentral Terpadu RSUP dr Sardjito Yogyakarta. Namun, karena pasien masih dalam perawatan intensif sehingga, presiden tidak diperkenankan masuk ke dalam ruang perawatan.

 

Cak Nun masih dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Dr Sardjito setelah mengalami pendarahan otak. Sejauh ini, sang Budayawan ini belum diperkenankan untuk dijenguk di dalam ruangan.

 

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, mengungkapkan Presiden Jokowi datang untuk membesuk Cak Nun. Namun kunjungannya hanya singkat dan tidak bisa bertatap muka dengan Cak Nun, karena pertimbangan kesehatan pasien belum memungkinkan.

 

"Beliau hanya ditemui keluarga Cak Nun yaitu istri dan anaknya," kata Banu Hermawan ditemui usai kunjungan presiden, Minggu (9/7/2023).

 

Kedatangan Presiden Jokowi itu, mendapat konfirmasi dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ia menyebutkan, Jokowi melakukan kunjungan ke RSUP Dr Sardjito untuk memberikan semangat, dan mendoakan agar Cak Nun segera sehat kembali.

 

"Kunjungan beliau sekitar 15 menitan dan bertemu dengan istri Mbak Via dan putranya mas Sapto," ujarnya.

 

Seperti diketahui Cak Nun harus menjalani perawatan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, setelah tak sadarkan diri sesaat setelah bangun tidur pada Kamis (6/7/2023) pagi.

 

Meski belum boleh ditengok, tetapi perkembangan kesehatannya dilaporkan cukup positif. Cak Nun sudah bisa merespon situasi sekitar, dan tetap dalam keadaan sadar. ***