EmitenNews.com - Bertambah lagi alternatif alat transportasi masyarakat. Presiden Joko Widodo akan meresmikan pengoperasian Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek yang dikelola di bawah Divisi LRT Jabodebek PT Kereta Api Indonesia (Persero), Senin (28/8/2023). Bagusnya, karena LRT ini makin memperkuat integrasi layanan angkutan umum lain di Jakarta. Masyarakat bisa segera menjajal moda transportasi ini.

 

Dalam keterangannya Minggu (27/8/2023), Pelaksana Harian Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Feni Novida Saragih mengungkapkan, bagi pelanggan KA Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dapat menggunakan Transjakarta dari halte masing-masing stasiun tersebut ke stasiun LRT Jabodebek terdekat, yakni Stasiun Dukuh Atas dan turun di Halte Transjakarta Dukuh Atas 2. Dari halte ini, pelanggan tinggal berjalan kaki menuju Stasiun Dukuh Atas.

 

"Alternatif lainnya, pelanggan KA Stasiun Gambir maupun Pasar Senen dapat menggunakan taxi atau layanan online lainnya," ungkap Feni Novida Saragih.

 

LRT Jabodebek akan menambah alternatif transportasi publik dalam kota bagi pelanggan KA Jarak Jauh di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta. Terdapat sedikitnya 18 stasiun yang akan melayani pelanggan LRT Jabodebek: Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

 

Penting dicatat, Stasiun LRT terdiri atas 2 tipe. Yaitu, tipe Interchange Station yakni Stasiun Cawang. Lalu, tipe Typical Station untuk 17 stasiun lainnya. Interchange Station terdiri atas 3 lantai. Lantai 1 yaitu area boarding dan komersial, lantai 2 area peron, dan lantai 3 adalah area komersial. Untuk tipe Typical Station terdiri atas 2 lantai; Lantai 1 adalah area boarding dan lantai 2 merupakan area peron.

 

Di Stasiun Cawang yang merupakan satu-satunya Interchange Station LRT karena menjadi stasiun transit, terdapat gerai UMKM Binaan KAI Daop 1 Jakarta yang bergerak dalam bidang kuliner. Harapannya, dapat berkontribusi dalam mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat. ***