EmitenNews.com - Indonesia memiliki tiga fondasi kokoh pendongkrak daya saing. Dalam Silatnas PPAD 2022 di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan tiga hal itu, yakni infrastruktur, hilirisasi dan industrialisasi, serta digitalisasi.


Presiden menyatakan bahwa pemerintah telah berusaha memperkuat ketiga fondasi tersebut, karena peta persaingan global tidak lagi tentang negara besar atau kaya mengalahkan negara kecil atau miskin. Ke depan, kata dia, bukan negara besar mengalahkan negara kecil. Bukan negara kaya mengalahkan negara miskin. Bukan.


“Pertarungannya, kompetisinya adalah negara cepat akan mengalahkan negara yang lambat. Untuk cepat itu dibutuhkan fondasi-fondasi inilah yang sedang kita kerjakan," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.


Presiden menyampaikan aspek infrastruktur dampaknya tidak terasa instan melainkan lima sampai 10 tahun mendatang yang terlihat jelas dalam peta persaingan dengan negara-negara lain. Dalam tujuh tahun ini sudah bertambah 2.042 km jalan tol, 5.500 km jalan non tol, bandara baru 15, pelabuhan baru 18, bendungan baru 38, irigasi baru 1,1 juta hektare.


“Inilah fondasi kita untuk berkompetisi dengan negara-negara lain. Mungkin tidak bisa kita rasakan instan sekarang dan efeknya akan ke APBN," ujar Presiden Joko Widodo. ***