EmitenNews.com - Konektivitas antarwilayah di Pulau Nias makin mantap. Presiden Joko Widodo meninjau proyek peningkatan struktur jalan Laehuwa-Ombolata-Tumula-Faekhunaa di Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (6/7/2022).


Dalam video di kanal Sekretariat Presiden, Rabu, Presiden Jokowi mengungkapkan, kunjungannya ke lapangan, ke Pulau Nias, Nias Utara, Nias, kemudian Gunung Sitoli. “Saya melihat jalan nasionalnya seperti apa. Sudah saya lihat sebagian, jalan poros poros provinsinya seperti apa, jalan poros kabupatennya seperti apa."


Menurut Presiden, pembangunan infrastruktur jalan tersebut, menurut Presiden Jokowi, dimaksudkan untuk membangun konektivitas antarwilayah di Pulau Nias. Pemerintah menargetkan pembangunan infrastruktur jalan nasional di Nias dapat rampung pada 2023.


"Kalau yang untuk jalan nasional ini lingkarnya tinggal 16 kilometer, insyaallah tahun depan sudah rampung semuanya karena ini memang harus dibuat jalan baru," tambah Presiden.


Pekerjaan peningkatan struktur jalan Laehuwa-Ombulata-Tumula-Faekhuna.a pada 2022 dilaksanakan dengan anggaran Rp32,36 miliar. Ruas tersebut merupakan jalan sirip yang menghubungkan Lingkar Barat dan Lingkar Timur Nias, tepatnya dari Nias Utara menuju Kota Gunung Sitoli di Pulau Nias. ***