EmitenNews.com - Polri berkoordinasi dengan kepolisian Swiss terkait kasus hilangnya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), Emmeril Kahn Mumtadz (Eril). Eril yang akan melanjutkan kuliah S2 di sana, hilang saat berenang di salah satu sungai di Swiss pada Kamis (26/5/2022). Polri menanyakan perkembangan kejadian itu kepada kepolisian Swiss. Sempat beredar kabar putra pertama Kang Emil sapaan karib RK, sudah ditemukan. Ternyata hoaks.


Dalam keterangannya kepada pers, Jumat (27/5/2022), Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menegaskan, pihaknya secara informal sudah menanyakan melalui jalur P to P (police to police) ke pihak Swiss perkembangan penanganan tersebut."


Irjen Dedi Prasetyo menegaskan, pihaknya juga telah meminta identitas korban kepada Polda Jawa Barat. Nantinya, Divisi Hubungan Internasional Polri akan mengajukan yellow notice atau pencarian orang ke Interpol Swiss. "Identitas korban sedang kita mintakan via Polda Jabar, untuk kita mintakan yellow notice atau pencarian orang ke Interpol Swiss dan seluruh anggota Interpol lainnya."


Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), dilaporkan hilang saat berenang di Swiss pada Kamis, dalam kondisi cuaca cerah. Adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman atas nama keluarga menceritakan kronologis keponakannya itu. "Benar anak pertama kakak kami, Ridwan Kamil, yang bernama Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril mengalami musibah di Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss."


Elpi mengemukakan, keluarga Ridwan Kamil sedang di luar negeri. Saat kejadian, Gubernur Jabar itu, tengah melakukan perjalanan dinas di Inggris bersama delegasi Pemprov Jabar. Sementara itu, istri dan kedua anaknya di Swiss untuk mencari sekolah jenjang S2 bagi Eril. 


"Kronologinya Eril berenang di Sungai Aaree, Bern, bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai cukup deras. Sempat mendapat bantuan dari kawannya. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," tutur Elpi.


Mendapat kabar tersebut, Ridwan Kamil pun menyusul ke Swiss. Pihak keluarga berharap Eril dapat ditemukan segera dalam keadaan sehat. Kondisi saat ini Eril sedang dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun, pencarian dihentikan sementara karena hari mulai gelap dan dilanjutkan Jumat pagi.


Sempat beredar kabar, Emmeril Khan Mumtadz yang hanyut di Sungai Aare, Swiss pada Kamis (26/5/2022), sudah ditemukan. "Info terbaru, menurut informasi dari kerabat kang Emil, (Bunda Inge Suprayogi) sudah ditemukan." Demikian foto cuplikan layar pesan yang diunggah @bennyrhamdani_ di Twitter, Jumat (27/5/2022).


Di sejumlah grup WhatsApp juga sempat beredar kabar, yang belakangan ternyata bohong, alias hoaks. "Dapat broadcast dari WhatsApp, katanya Eril (panggilan Emmeril Khan Mumtadz) Ridwan Kamil sudah ditemukan. Tapi dalam keadaan luka. Semoga masih selamat ya Allah." Tulis @itsajrina.


Namun, kabar tersebut mendapat bantahan dari radio Bandung, PRFM. "Informasi (ditemukan anak Ridwan Kamil) hoaks kang. Sudah dibantah oleh keluarga dan kerabat kang Emil di Swiss." Demikian tulis admin di portal media tersebut di Twitter. ***