EmitenNews.com—PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) atau (BJBR) menyatakan telah melakukan penyertaan lanjutan kepada bjb Sekuritas sebesar Rp22,5 miliar.

 

Direktur Komersial dan UMKM Bank bjb, Nancy Adistyasari, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/1/2023) mengungkapkan bahwa pada tanggal 4 Januari 2023, telah dilakukan pengefektifan dana setoran modal kepada anak perusahaan bank bjb, yaitu bjb Sekuritas sebesar Rp22,5 miliar. Penyertaan modal tersebut merupakan penyertaan modal lanjutan dari modal dasar bjb Sekuritas sebesar Rp38 miliar.

 

"Sehingga dengan penambahan modal tersebut, total modal disetor bank bjb kepada bjb Sekuritas sebesar Rp30 miliar," ujarnya.

 

Namun demikian, Nancy menegaskan, penyertaan modal lanjutan kepada bjb Sekuritas telah mengubah portofolio kepemilikan saham bank bjb terhadap bjb Sekuritas meningkat sebesar 14,8% dari sebelumnya 78,95% menjadi 93,75%.

 

Sebelumnya pada akhir November lalu, Direktur Utama bjb Sekuritas Yogi Heditia Permadi mengatakan, untuk saat ini target investor sudah cukup bagus jadi peminatnya cukup banyak dan strategi utamanya adalah melalui literasi dan edukasi.

 

Jadi kalau kita merasakan respon masyarakat Jawa Barat sangat bagus, sehingga Kami BJB Sekuritas bersama BEI Jawa Barat bersama-sama melakukan literasi dan edukasi sehingga perkembangan investornya sangat signifikan, dari segi volume bagus dan kinerja baik.

 

Kami yang yang saat ini baru satu tahun beroperasi saat ini memiliki sekitar 5000 an nasabah per Oktober 2022 dengan pertumbuhan yang bertahap dengan pertumbuhan sekitar 700-800 an per bulan. Sebagian besar nasabah BJB Sekuritas adalah ritel. Adapun aplikasi online trading milik Bjb Sekuritas adalah Neo Bofis yang kita gunakan dan bekerjasama dengan IDX STI atau IDX Solusi Teknologi sebagai entitas dari BEI.

 

Untuk menggarap nasabah ritel ini Yogi menyebut yang harus dilakukan adalah mengenalkan produk dan membiasakan mereka bertransaksi di Pasar Modal serta menjelaskan resiko yang ada. 

 

“Pada saat itu dia menyebut bahwa target nasabah atau investor ritel dari BJJ sekuritas akan bertambah 2000 nasabah hingga akhir tahun 2022 atau menjadi 7000 nasabah,” kata Yogi Direktur Utama BJB Sekuritas kepada EmitenNews.com.