EmitenNews.com -PT Royaltama Mulia Kontraktorindo Tbk (RMKO) resmi mencatatkan (listing) sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham RMKO pada Senin, 31 Juli 2023.

 

Direktur Utama Royaltama Mulia Kontraktorindo Vincent Saputra menyebutkan, grup perseroan telah memiliki pengalaman di industri pertambangan lebih dari 15 tahun sejak 2009. Perseroan menggelar IPO dan mencatatkan sahamnya untuk bertransformasi dan melanjutkan pertumbuhan di industri pertambangan Tanah Air.

 

IPO ini dipercaya dapat mendukung perseroan meningkatkan layanan jasa penunjang pertambangan dan logistik yang terintegrasi di Sumatra Selatan. Dengan terintegrasinya jasa logistik hulu ke hilir ini, kinerja grup dapat meningkat secara berkelanjutan.

 

"Saat ini, perseroan masih fokus mendukung kinerja grup dengan menggarap tambang in-house milik anak usaha RMKE (PT RMK Energy Tbk). Kami ke depannya juga akan menyediakan jasa pertambangan serta pengangkutan batu bara dari tambang-tambang non-grup di Muara Enim dan Lahat," sambung Vincent.

 

Dengan dibukanya hauling road yang ditargetkan selesai tahun ini, RMKO dapat meningkatkan pendapatan dari third parties secara signifikan. Menurut Vincent, potensi batu bara di Sumatra Selatan masih sangat besar, apabila infrastruktur di hulu dan hilir sudah terkoneksi dengan baik, serta tersedianya jasa penunjang pertambangan yang profesional.

 

Dia optimistis dapat meningkatkan kapasitas produksi di Sumatera Selatan. Terlebih lagi, dengan menjadi perusahaan terbuka, manajemen yakin RMKO ke depannya akan dapat menggarap berbagai proyek pertambangan dan tidak hanya terbatas di Sumatra. Bahkan terbuka dengan peluang sebagai perusahaan penyedia jasa pertambangan untuk komoditas lainnya.

 

Direktur PT Victoria Sekuritas Indonesia R.A Wisnu Widodo yang mewakili penjamin pelaksana emisi IPO RMKO menyatakan, oversubscription dalam penawaran umum perdana saham RMKO, membuktikan minat investor terhadap sektor energi masih sangat tinggi. "Kehadiran RMKO di BEI akan menambah pilihan investor dalam memilih saham perusahaan dengan fundamental yang baik," kata Wisnu.

 

Victoria Sekuritas Indonesia, selaku penjamin pelaksana emisi IPO RMKO, menyatakan keyakinannya terhadap pertumbuhan dan prospek usaha perseroan ke depan di industri pertambangan. Hal ini diperkuat dengan private hauling road sepanjang 39 km yang sedang dibangun RMKO guna membuka jalur baru logistik batu bara.

 

Jalan pengangkutan tersebut, dibangun dari area tambang Kabupaten Muara Enim dan Lahat menuju stasiun muat Gunung Megang. Penyelesaian proyek dipercaya dapat meningkatkan kinerja perseroan secara signifikan.