EmitenNews.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Mahaka Media Tbk (ABBA), yang digelar Senin (27/6/2022), menunjuk Mahendra Agakhan Thohir, putra Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Komisaris Utama. Rapat juga menyetujui Rudi Laksmana dan Martin Suharlie sebagai Komisaris. Lalu, Angkie Yudistia dan Aldo Rambie ditunjuk sebagai Komisaris Independen. Perusahaan Erick Thohir itu juga melakukan pergantian merek atau rebranding menjadi Mahaka X.


RUPS juga sepakat merombak jajaran manajemen. Pemegang saham sepakat menunjuk Tubagus Farash Farich sebagai Direktur Utama perseroan menggantikan Adrian Syarkawie. Pemegang saham juga sepakat menunjuk Vincentius Dicky Haryanto sebagai direktur untuk menggantikan Troy Reza Warokka. Selain itu, Perseroan mengangkat Aliya Tjakramidjaya sebagai Chief Operating Officer (COO).


Farash mengatakan, masa depan lanskap media ke depan akan dipengaruhi oleh teknologi dan digital. "Kami meyakini susunan manajemen baru dengan strategi dan inisiatif teknologi yang dilakukan mampu berkontribusi positif bagi perusahaan dan pemegang saham."


Seiring dengan perubahan jajaran pengurus, Perseroan juga melakukan pergantian merek atau rebranding menjadi Mahaka X. Menurut Farash, Mahaka X adalah hasil transformasi dari Mahaka Media yang mencerminkan perusahaan berbasis teknologi.


"Kita ingin berubah menjadi media berbasis teknologi dimana ketika memberikan layanan akan menjadi solusi yang komprehensif. Kita akan beradaptasi dengan apa yang sedang terjadi di market terutama yang berhubungan dengan kreator dan kebutuhan brand," ucap Farash.


Perseroan akan mengimplementasikan strategi teknologi dan media digital berdasarkan empat pilar utama yaitu content and publishing, marketing services, creators and community, serta conversational and commerce.


Dengan empat pilar model bisnis ini, kata Farash, Mahaka X bisa menjadi perusahaan media independen serta lebih adaptif dan agile dalam menghadapi perubahan teknologi serta perilaku masyarakat ke depan. ***