EmitenNews.com - PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk.(SAMF) telah menerima dana pinjaman total sebesar Rp40,5 miliar dari para pemegang saham (founder). Transaksi Afiliasi ini merupakan pinjaman modal kerja untuk pengadaan bahan baku yang dijalankan secara rutin dalam rangka menghasilkan pendapatan usaha.

 

Pihak yang melakukan Transaksi Afiliasi adalah, Agnes Martaulina Dwi Saraswanti Haloho, Noegroho Hari Hardono, dan Ir. Yahya Taufik, sebagai pemberi pinjaman sedangkan Perseroan merupakan perusahaan yang menerima pinjaman.

 

Manajemen SAMF dalam keterangan tertulis (Senin (4/4) menjelaskan bahwa dana talangan dari para pemegang saham ini dikenakan bunga sebesar 7,5% per tahun. Pasalnya, biaya bunga ini lebih rendah dari bunga bank yang saat ini dibebankan kepada Perseroan sebesar 8,0% per tahun.

 

Kondisi ini tentunya sangat menguntungkan Perseroan dan juga pihak publik/masyarakat pemodal, sehingga secara definisi Transaksi Afiliasi ini tidak mengandung Benturan Kepentingan.

 

"Selain itu, Perseroan juga bisa segera menutup kontrak dengan pihak pemasok bahan baku untuk menjamin keamanan pasokan karena kebutuhan dana dapat tersedia dengan lebih cepat,"jelas Manajemen SAMF.