EmitenNews.com - Ini salah satu pencapaian Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Mantan Ketua Umum Hipmi itu, mengaku sudah menyelesaikan 80 persen dari investasi yang mengkrak senilai Rp708 triliun sejak menjabat sebagai Kepala BKPM di 2019. Salah satunya, investasi Lotte Chemical senilai sekitar Rp60 triliun yang sempat mangkrak sejak masuk pada 2016 karena permasalahan kepemilikan tanah.

 

"Dari Rp708 triliun investasi yang mangkrak, kita sudah selesaikan lebih dari 80 persen, termas uk investasi di luar Pulau Jawa," kata Bahlil Lahadalia dalam Fortune Indonesia Summit 2023 di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

 

Penyelesaian investasi mangkrak menjadi salah satu amanat Presiden Jokowi saat Bahlil dilantik menjadi Kepala BKPM, selain penyelesaian aturan investasi yang tumpang tindih dan pemerataan investasi ke luar Pulau Jawa.

 

Investasi Lotte Chemical salah satu yang diselesaikannya. Investasi senilai sekitar Rp60 triliun itu, mangkrak sejak masuk pada 2016 karena permasalahan kepemilikan tanah.

 

"Kita membuat satuan tugas berisi polisi dan kejaksaan, dan kita selesaikan investasi mangkrak itu. Progres (realisasi) dari investasi hampir USD4 miliar itu sekarang sudah mencapai 38 persen," kata Bahlil Lahadalia. ***