EmitenNews.com - Bobby Willem Tutupoly telah pergi. Penyanyi yang terkenal dengan brand name Bob Tutupoly itu, meninggal dunia, Selasa, (5/7/2022) dini hari dalam usia 82 tahun, saat dirawat di RS Mayapada Jakarta. Penyanyi asal Ambon, Maluku ini, memang sudah lama menderita sakit stroke. Bahkan sempat dikabarkan meninggal dunia, kemudian ramai-ramai dibantah sejumlah musisi, dan penyanyi.


Kali ini kabar duka atas kepergian Om Bob, begitu biasa penyanyi legendaris itu disapa, antara lain dibagikan oleh musisi Addie MS melalui akun Twitter pribadinya. Kabar yang sama juga disampaikan pengamat film Yan Widjaya dan pengamat musik Adib Hidayat.


"RIP Bob Tutupoly (Surabaya 13/11/1939 - Jakarta 4/7/2022) biduan legendaris. Anak perantau Negeri Ouw, Maluku. Melanglang ke New York. Kondang lewat #Widuri. Isteri, penari, None Jakarta 1972, Rosmayasuti Nasution, menikah 1977. Anak, Sasha Karina. Wafat di RS Mayapada, 24.00 wib," cuitnya melalui akun Twitter @yan_widjaya, Selasa (5/7/2022).


Bob Tutupoly memang sudah lama diinformasikan dalam keadaan sakit. Bahkan, musisi ini sempat dikabarkan meninggal dunia. Rekan Bob Tutupoly, Stanley Tulung menceritakan karena serangan stroke, beberapa minggu belakangan Bob sudah menjalani perawatan di RS Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan.


Sebelumnya, Bob hendak menjalani transfusi darah karena kadar HB-nya turun. Namun, pada Senin (4/6/2022), sekitar pukul 23.00 WIB, Bob sudah tak lagi merespons. "Mau ditransfusi darah karena HB turun tapi sekitar jam 23.00 WIB sudah tidak respons dan dinyatakan meninggal jam 00.03 WIB."


Pertengahan Mei lalu, kabar meninggalnya Bob Tutupoly juga berhembus. Ternyata hoaks. Politikus Partai Golkar yang juga penyanyi, Tantowi Yahya bersama sejumlah rekan musisi, dan penyanyi sempat mengunjungi penyanyi legendaris itu, di kediamannya. Lewat unggahan pada akun Instagram pribadi @tantowiyahyaofficial, Tantowi Yahya: membagikan video dan foto sedang bersama Bob Tutupoly.


"Di tengah rumour yang deras beredar bahwa seniman besar Bob Tutupoly sudah berpulang. Saya dan teman-teman seniman musik, Margie Segers, Fryda, Dewa Budjana, Stanley Tulung. Dan sahabat saya di Gajah Tunggal, Catherine Wijaya berkunjung ke rumah beliau di kawasan Jakarta Selatan. Alhamdulillah bung Bob Tutupoly, masih sehat, meski harus duduk di kursi roda. Karena stroke ringan yang dideritanya." tulis akun tersebut.


Selasa pagi, Yuni Shara juga membagikan kabar duka atas meninggalnya Bob Tutupoly dalam usia 82 tahun. Yuni Shara turut berduka atas kepergian Bob Tutopoly: “Selamat jalan Oom Bob Tutupoli,” tulis Yuni Shara di Instagram Story akun @yunishara36.


Yuni Shara juga mengunggah kembali pertemuan terakhirnya dengan Bob Tutupoly, 16 Mei 2022 itu. Saat itu, Yuni Shara menjenguk Bob Tutupoly yang dirawat di rumah karena mengalami stroke. Dalam videonya, tampak Yuni Shara tengah memeluk hangat Bob, yang kala itu sedang duduk di kursi rodanya. Bob Tutupoly terlihat membalas pelukan hangat Yuni Shara dengan tersenyum bahagia.


Yuni Shara juga mencium Bob Tutupoly dan istrinya, Rosmayasuti Nasution. Mereka juga sempat berbincang santai bersama. Kata Yuni Shara dalam unggahannya, Bob Tutupoly punya semangat sembuh yang tinggi. Yang membuatnya takjub, Bob Tutupoly yang sudah berumur 82 tahun, dan dalam keadaan sakit, tetapi daya ingatnya luar biasa. “Daya ingatnya luar biasa, dan masih senang menyanyi."


Sebagai penyanyi yang terkenal antara lain karena membawakan lagu-lagu lawas, Yuni Shara lantas mengaku pernah menyanyikan lagu-lagu Bob Tutupoly dan mendapat penghargaan. Salah satu lagu Bob Tutupoly yang pernah ia nyanyikan dan mendapat penghargaan adalah lagu “Mengapa Tiada Maaf” ciptaan almarhum Yessy Wenas.


Bob Tutupoly adalah penyanyi senior, yang sudah merekam lagu-lagunya di Jakarta, pada 1965 bersama Pattie Bersaudara. Publik kemudian mengenang Bob Tutupoly dengan lagu-lagunya, di antaranya:   “Widuri, Lidah Tak Bertulang, Tiada Maaf Bagimu, Tinggi Gunung Seribu Janji,” dan lain sebagainya.


Selain terkenal sebagai penyanyi, Bob Tutupoly juga pernah bermain di beberapa film Indonesia. Di antaranya, Gli Innamorati Della Becak (Kisah Cinta si Tukang Becak) pada 1958), Penasaran (1977), dan Sebelah Mata (2008).


Selain dunia menyanyi dan menjadi aktor, Bob juga pembawa acara terkenal. Bob Tutupoly pernah menjadi pembawa acara Ragam Pesona selama 5 tahun. Dia juga pernah menggawangi acara Tembang Kenangan di Indosiar. Selamat jalan Bob Tutupoly, karya-karyamu akan abadi. ***