EmitenNews.com - Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus mendorong UMKM binaannya untuk semangat berkolaborasi baik dengan perusahaan besar, pemerintah, asosiasi maupun sesama UMKM. Hal tersebut dilakukan YDBA sejak didirikan Astra pada tahun 1980, untuk mendukung UMKM agar dapat mandiri dan berkelanjutan. Hari ini, Kamis (21/4/2022), YDBA bersama Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) berkolaborasi dalam pembinaan UMKM.


Melalui kolaborasi ini, APJI berkomitmen memberi kesempatan UMKM YDBA memasarkan produknya ke seluruh anggota asosiasi, baik secara langsung  maupun melalui badan usaha di bawah APJI. Produk yang dipasarkan harus sesuai standar  QCD (quality, cost, delivery) yang ditetapkan oleh APJI kepada YDBA. YDBA  berkomitmen mendampingi dan memastikan UMKM membuat produk sesuai QCD dengan memberikan berbagai program pembinaan, seperti pelatihan dan pendampingan bersifat manajemen maupun teknis.


Komitmen kolaborasi ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara YDBA yang diwakili Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala dan Sekretaris Pengurus YDBA, Ida  R. M. Sigalingging dengan APJI yang diwakili oleh Ketua Umum Dewan Pusat APJI, Rahayu Setiowati. Acara itu disaksikan Bendahara Pengurus YDBA, Handoko Pranoto dan Anggota Pengurus YDBA Vilia Husin. 


Sigit P. Kumala menyampaikan, kolaborasi ini menjadi kesempatan sangat baik bagi YDBA maupun Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) sebagai cabang YDBA di daerah untuk merekomendasikan produk UMKM yang berpotensi dibutuhkan APJI,   asosiasi yang  menaungi industri jasa boga di seluruh Indonesia. Sigit berharap, kolaborasi ini dapat berjalan panjang, dan bermanfaat untuk UMKM Indonesia.


Sebagai rangkaian acara, bertepatan dengan momen Peringatan Hari Kartini, YDBA juga menyelenggarakan bincang inspiratif mengenai Peran Asosiasi dalam Rantai Pasok UMKM. Narasumbernya, wanita-wanita inspiratif Indonesia, yaitu Rahayu Setiowati dan Ida R. M. Sigalingging. Keduanya berbagi cerita bagaimana peran APJI maupun YDBA dalam mendukung rantai pasok UMKM, di samping perannya sebagai wanita dalam mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia. (Eko Hilman). ***