EmitenNews.com -PT Elnusa Tbk (ELSA) merealisasikan belanja modal (capital expenditure/ capex) untuk meningkatkan kapasitas bisnis perseroan sebesar 57 persen dari total rencana belanja Rp500 miliar di tahun ini.

 

Manager Corporate Communication Elnusa, Jayanty Oktavia Maulina menjelaskan berdasarkan serapan belanja modal tersebut, top cash out realization year-to-date September 2023 dikontribusikan sebesar 27 persen untuk lini bisnis Hulu yang meliputi cementing unit, equipment slickline, dan electric wireline (EWL) onshore. Kemudian sebesar 25 persen pada jasa energy distribution & logistic untuk kebutuhan penggantian armada mobil tanki reguler.

 

"Sementara itu sebesar 43 persen untuk kebutuhan jasa penunjang meliputi accomodation work barge offshore dan kebutuhan operational barge dan 5 persen penggunaan untuk non project," ujar Jayanti dalam keterangannya, Rabu (7/11).

 

Hingga akhir tahun 2023, perseroan masih menargetkan untuk melakukan investasi yang selektif dan tepat sasaran serta melanjutkan kinerja operasional yang efisien. Hal ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan terus mendorong penguatan keunggulan operasional, peningkatan kapasitas, dan pengembangan usaha.

 

"Kami akan tetap berfokus memperkuat dan mengembangkan tiga bisnis inti Perseroan pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi dan jasa pendukung migas yang mampu menunjang kinerja satu sama lain. Di samping itu, kami juga turut mendukung program pemerintah untuk melakukan konversi energi dan saat ini sedang menjajaki pengembangan bisnis baru dalam industri energi baru terbarukan." tutup Jayanty.