EmitenNews.com - Saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) dan PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) kompak menguat setelah keduanya memperdalam kerjasama melalui fasilitas pembiayaan bersama atau joint financing senilai Rp2 triliun.

 

Saham Bank Jago menguat 120 poin atau 5,22% ke level Rp2.420 pada penutupan Selasa (30/5/2023). Sejak awal perdagangan, ARTO selalu beradan di zona hijau dengan volume beli yang cukup besar. Volume perdagangan ARTO pada hari tersebut mencapai 26,14 juta saham dengan nilai transaksi Rp63,01 miliar.

 

Setali tiga uang dengan ARTO, saham BFI Finance juga melesat 60 poin atau 4,72% ke level Rp1.330. BFIN mencatatkan volume 37,01 juta saham dengan nilai transaksi Rp48,47 miliar.

 

Bank Jago dan BFI Finance baru saja menandatangai kerja sama pembiayaan dengan skema joint financing senilai Rp2 triliun. Jangka waktu pelaksanaan kerja sama ini sampai dengan 5 Agustus 2024 dimulai dari tanggal penandatanganan perjanjian, yakni 24 Mei 2025.

 

Joint financing ini diperuntukan untuk pembiayaan kendaraan roda empat dengan tenor 48 bulan dan kendaraan roda dua dengan tenor 36 bulan.

 

Kolaborasi antara bank dan multifinance ini sudah dimulai sejak Bank Jago, yang dulu bernama Bank ARTOS, bertransformasi menjadi bank digital. Bank Jago yang menerapkan strategi utama partnership lending, menyalurkan kredit ke masyarakat melalui sejumlah mitra lembaga keuangan termasuk BFI Finance.

 

Dengan keunggulan sumber dana murah dari Bank Jago dan dipadukan dengan penyaluran pembiayaan yang luas dari BFI Finance, menjadi kolaborasi keduanya sama-sama menguntungkan. Melalui skema joint financing, Bank Jago bisa menyalurkan kredit yang cukup banyak ke ekosistem BFI Finance tanpa terkena batas maksimum pemberian kredit (BMPK).

 

Direktur Keuangan BFI Finance Sudjono mengatakan fasilitas pembiayaan ini akan membuka beragam peluang untuk akses keuangan yang lebih luas dan inklusif untuk masyarakat serta kemudahan layanan bagi konsumen.

 

“Fasilitas pembiayaan bersama ini merupakan kerja sama antara BFI Finance dengan mitra strategis yakni Bank Jago dalam menyediakan pembiayaan kepada konsumen, baik pembiayaan multiguna maupun investasi, dan modal kerja,” kata Sudjono dalam keterangan resmi, Senin (29/5).