EmitenNews.com - PT PP (Persero) Tbk (PTPP) telah melakukan transaksi afiliasi dengan salah satu entitasnya yakni PT PP Sinergi Banjaratma (PPSB). Emiten Jasa Konstruksi itu telah  menyetor modal pada PSBB sebesar Rp98,58 miliar. Kini kepemilikan saham PTPP bertambah di PPSB menjadi sebesar 79,04%.

 

Dalam keterangannya seperti dikutip Selasa (26/9/2023), Sekretaris Perusahaan PTPP, Bakhtiyar Efendi menuturkan, perseroan melakukan setoran modal pada PSBB sebesar Rp98,58 miliar. Penyetoran modal itu dilakukan dengan mekanisme Debt to Equity Swap (DES) yang berasal dari konversi utang konstruksi perseroan.

 

Setelah setoran modal itu, kepemilikan saham PTPP bertambah di PPSB menjadi sebesar 79,04% atau setara dengan 1,61 miliar lembar saham. 

 

Semua itu terdiri atas 206,12 juta lembar saham Seri A dan 1,41 miliar lembar saham Seri B senilai Rp119,19 miliar. Sebelumnya hanya 32,5% atau setara 457,71 juta lembar saham atau senilai Rp32,04 miliar.

 

Menurut Bakhtiyar Efendi, sebagai pemegang saham pengendali, perseroan memiliki hak kendali mayoritas dalam engambilan keputusan strategis yang lebih cepat dan diharapkan memberikan nilai tambah bagi PPSB dan Perseroan. 

 

“Selain itu, pencatatan piutang dan utang pada perseroan dan PPSB akan terhapus menjadi akun aset investasi dan modal. Kondisi ini akan memperkuat likuiditas dan solvabilitas bagi perseroan dan PPSB," tegasnya. ***