EmitenNews.com - PT XL Axiata (EXCL) bakal mendapat dana taktis Rp42,54 miliar. Itu menyusul penyewaan 110 tanah sepanjang 10 tahun kepada  PT Edotco Infrastructure Indonesia (EII). Total biaya sewa tahunan sejumlah Rp4,25 miliar.


Transaksi itu untuk peningkatan fokus terhadap core business khususnya bidang mobile internet, dan seluler. Dengan begitu, dapat meningkatkan mutu dan kualitas layanan kepada masyarakat. Itu sebagai dampak atas optimalisasi, efektivitas terhadap biaya operasional, biaya sarana, dan prasarana pendukung.


Selain itu, transaksi tersebut akan meningkatkan nilai tambah bagi perseroan dalam jangka panjang. Itu karena perusahaan dapat memonetisasi tanah dalam bentuk pendapatan sewa. Pada 25 Februari 2022, kepada pihak telah meneken perjanjian pembelian aset, dan perjanjian induk sewa menyewa menara.


Sebagian menara telekomunikasi dijual kepada EII disewa kembali berada di atas tanah milik peerseroan. Oleh karena itu, perseroan menyewakan lahan tersebut kepada EII. Itu penting supaya EII bisa mengoperasikan menara telekomunikasi tersebut. ”Perjanjian sewa menyewa lahan telah diteken pada 30 Juni 2022,” tulis manajemen XL Axiata. (*)