EmitenNews.com - Pemerintah segera membangun pabrik Crude Palm Oil (CPO) dan pabrik minyak goreng di wilayah Provinsi Bengkulu. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan, pembangunan pabrik minyak kelapa sawit itu, guna menstabilkan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di wilayah tersebut.


"Pabrik sawit dan pabrik minyak goreng secepatnya dibangun di Provinsi Bengkulu guna menstabilkan harga sawit," kata Luhut Binsar Pandjaitan.


Menko Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa pembangunan pabrik di wilayah Provinsi Bengkulu itu, melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS)


Selain itu, untuk menstabilkan harga TBS di tingkat petani, pemerintah pusat segera melakukan pengosongan tangki di seluruh pabrik sawit. Menurut Luhut, Presiden menyetujui rencana pengosongan tangki sawit itu, agar seluruh perusahaan membeli TBS dengan harga tinggi.


Dengan begitu perusahaan, dan industri kelapa sawit dapat membeli TBS petani dengan harga tinggi. Target pemerintah pusat, pembelian TBS nantinya di atas Rp2 ribu per kilogram. ***