EmitenNews.com - Pemerintah tengah menyiapkan desain Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur dalam bentuk metaverse. Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan rencana terobosan itu, dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) IKN pada Kamis (13/1/2022).


“Kemarin sudah luar biasa heboh dengan hologram, tapi sekarang sudah ada metaverse. Kami sudah mempersiapkan ibu kota negara dalam bentuk metaverse. Mudah-mudahan dalam 4 bulan ini, kami di Bappenas bisa tunjukkan kira-kira ibu kota negara kalau jadi, seperti apa,” kata Suharso Monoarfa di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.


Suharso Monoarfa menjelaskan, desain IKN itu nantinya bukan lagi dalam bentuk maket ataupun hologram. Tapi, metaverse agar lebih reaktif. Proyek yang sedang dikerjasamakan itu, diharapkan bisa selesai dalam 4 bulan ke depan.


Suharso Monoarfa menyebutkan, pesatnya kemajuan teknologi sehingga hal-hal yang sifatnya teknologi seperti itu bisa diletakkan di Peraturan Presiden (Perpres), kalau ada perubahan cukup mengubah Perpres. Suharso mengaku, belajar dari pengalaman di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia yang memiliki masterplan hebat, tapi perkembangannya di luar jalur masterplan dan detail-detailnya di luar jalur masterplan, sehingga kota itu menjadi tidak berbentuk.


“Pemerintah ingin agar IKN baru nanti menjadi kota yang cantik, indah dan sesuai masterplan. Urban arsitektur menjadi penting. Kita ingin kota yang cantik dan indah, bukan kota tanpa judul,” tegas Suharso Monoarfa.


Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Pansus RUU IKN DPR, Saan Mustopa mengatakan, Pansus akan memasukkan pendapat fraksi yang akan dikirim secara tertulis. Hal ini akan dikerjakan oleh tim ahli dari DPR, DPD dan pemerintah untuk memasukkan semuanya dan menyusun sistematikanya.


Saan Mustopa menuturkan, rapat akan dilanjutkan kembali pada Senin (17/1/2022) pukul 10.00 WIB, karena Pansus IKN akan melakukan kunjungan ke Kaltim dan juga Alam Sutera, BSD, Tangerang Selatan, Banten pada Jumat 14 Januari dan Minggu 16 Januari 2022. ***