EmitenNews.com - Faktor keberuntungan turut menentukan kemenangan timnas Indonesia atas Vietnam pada match day 2 Piala Asia 2023. Pada pertandingan, di Stadion Abdullah bin Khalifah, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam itu, Asnawi Mangkualam dkk mendapat tendangan penalti di babak pertama, dan melahirkan gol. Skor 1-0 akhirnya bertahan sampai pertandingan berakhir.

 

"Kami bermain dengan performa terbaik dan pemain juga bermain sesuai harapan. Saya rasa kami juga mendapat sedikit keberuntungan," ungkap Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan, Jumat malam waktu Qatar.

 

Dalam pertandingan tersebut, gol semata wayang Skuad Garuda itu, dicetak oleh Asnawi Mangkualam pada menit ke-42.

 

Hadiah penalti bagi Indonesia bermula dari Rafael Struick yang tengah menggiring bola dalam kotak penalti, diganjal oleh pemain Vietnam. Wasit kemudian memberikan penalti untuk tim Indonesia.

 

Uniknya, Rafael yang semula akan mengeksekusi tendangan, mendadak diganti oleh Asnawi setelah ditunjuk oleh pelatih Shin. Bagusnya, pemain PSM Makassar itu sukses mengeksekusi tendangan dan berbuah gol. Kiper Vietnam Nguyen Filip tidak bisa menghadang tendangan Asnawi. 

 

Berkat gol itu, Indonesia berpeluang lolos dari fase penyisihan Grup D. Padahal, rekor pertemuan Indonesia kontra Vietnam kurang membanggakan. Selama ini Indonesia kerap takluk di tangan Vietnam.

m

Dengan gol Asnawi itu, mematahkan anggapan miring tersebut. Skuad Garuda yang mengantongi tiga poin kemenangan dari dua pertandingan berpeluang melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. 


Secara statistik, anak-anak asuh Shin Tae-yong belum dipastikan aman melaju ke babak 16 besar pada turnamen sepak bola paling akbar di Asia tersebut. Laman AFC menyajikan data, Indonesia berada di bawah Bahrain, yang sama-sama memiliki tiga poin pertandingan.

 

Menanggapi pandangan tersebut, Shin Tae-yong tak berkomentar banyak. Pelatih asal Korea Selatan itu berkomitmen untuk membawa timnas Indonesia ke arah lebih baik.