EmitenNews.com - PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) menyampaikan telah memberikan pembiayaan kepada Anak usahanya yaitu PT Samudera Perkapalan Indonesia (SPKLI) pada tanggal 2 Agustus 2023 .

 

Farida Helianti Direktur Kepatuhan dan Corporate Secterary SMDR dalam keterangan tertulisnya Jumat (4/8) menuturkan bahwa SMDR memberikan pembiayaan kepada SPKLI sebesar Rp400 miliar yang merupakan realisasi atas rencana penggunaan dana yang diperoleh SMDR dari pelaksanaan PUB Sukuk ijarah berkelanjutan I.

 

Sebagai informasi, SPKLI adalah anak usaha SMDR dengan kepemilikan saham sebesar 99% sehingga merupakan transaksi afiiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK 42/POJK.04/2020.

 

Transaksi ini bukan merupakan transaksi material mengingat nilai transaksi pembiayaan kurang lebih 4% dan tidak mencapai 20% dari ekuitas SMDR sebesar USD661,7 juta sesuai laporan keuangan per 30 Juni 2023.

 

Farida menambahkan transaksi ini merupakan langkah strategis untuk mendukung dan penambahan aset dalam hal ini kapal yang dimiliki SPKLI guna menunjang dan mendukung kegiatan usahanya yang pada akhirnya akan memberikan nilai tambah bagi SMDR dan pemegang saham.