EmitenNews.com - Perusahaan rintisan atau startup akhir-akhir ini tidak sedikit melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK. Dilanda bubble burst, membuat beberapa startup tidak dapat mempertahankan aktivitas bisnis. Itu menjadi alasan  memberhentikan banyak karyawan untuk menjaga anggaran, dan mempertahankan bisnis. 


Tidak hanya terjadi di Indonesia, pemutusan hubungan kerja juga dilakukan startup seluruh dunia sejak fase awal pandemi. Menyusul kondisi itu, startup melakukan banyak penyesuaian bisnis, salah satunya penghematan anggaran. Merespons itu, Jasnita Telekomindo (JAST) memiliki solusi jitu.


Misalnya, dengan penggunaan Jascloud. Di mana, tidak lagi memerlukan perawatan server, karena telah dilakukan secara konsisten oleh Jasnita. Startup dapat menghemat hingga 70 persen dari biaya yang biasa dibayarkan untuk telekomunikasi. Penggunaan lebih fleksibel, dapat menyesuaikan situasi, dan kondisi saat ini.


Misalnya, jumlah ekstensi, penggunaan pada perangkat sudah ada seperti smartphone, laptop/pc maupun ip phone sehingga tidak perlu pembelian perangkat baru, tanpa pembelian server, dan lain-lain. Selain itu, panggilan biasa dilakukan antar-cabang dapat dipotong menjadi gratis dengan fitur ekstensi untuk setiap cabang, terutama cabang luar negeri. 


Itu tentu akan memperlihatkan perbedaan sangat signifikan. Karyawan juga tetap dapat menggunakan fasilitas ini meski berada di luar kantor seperti saat bekerja dari rumah. Kondisi itu, juga mempengaruhi biaya utilitas biasanya membayar listrik dan air, dapat berkurang. ”Ya, karena karyawan bekerja dari rumah, tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk menuju lokasi kerja maupun uang bensin,” tulis manajemen Jasnita. 


Tidak hanya itu, fasilitas WhatsApp Business API dari Jasnita juga mampu membantu meningkatkan citra perusahaan dengan kehadiran centang hijau WhatsApp. Masyarakat dapat lebih percaya karena akun maupun brand sudah terverifikasi. Kehadiran Jascloud menjadi sangat dibutuhkan seiring pertumbuhan startup masih butuh banyak penyesuaian, dan tanpa keterikatan, aktif dalam 3-7 hari kerja, dengan dukungan 24/7. 


Perusahaan yang menggunakan layanan Jascloud dapat menambahkan, mengurangi, bahkan membatasi jumlah pemakaian setiap bulannya, sehingga dapat lebih terkendali. Adapun Jasnita terus berupaya dalam meningkatkan layanan, sehingga startup dapat terus bertahan dan berkembang, tanpa terkendala dengan biaya, dan komunikasi tetap berjalan normal. (*)