Games, Female in Action, Fisiohome, sampai dengan Lingo Talk. Ke-12 startup peserta tersebut berasal dari empat sustainable digital trek startup di NextDev Talent Scouting, yaitu Tourism & Creative Economy, Green & Clean Tech, Games & Gaming Platform, Health& pendidikan.


Dengan Program NextDev Academy 2023, startup dapat membangun pondasi yang kuat untuk melangkah maju ke depan, terus berkembang dengan baik, dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan. Untuk itu, kami mempersilakan para startup founders untuk dapat memanfaatkan aset dan kapabilitas Telkomsel sebaik mungkin, sebagai bagian dari kontribusi perusahaan terhadap ekosistem digital nasional.


Ke depannya, Telkomsel berharap NextDev dapat terus mencetak startup digital unggulan, memperkuat ekosistem pemberdayaan startup yang inklusif, dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan,' tutup Saki.


NextDev merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) yang juga bagian dari peta jalan pengembangan ekosistem digital Telkomsel. Peta jalan tersebut dimulai dengan sebuah program pengembangan tech talents, digital creators, dan

 

calon startup founders bertajuk IndonesiaNEXT. NextDev kemudian mengambil peran sebagai inkubator dan enabler yang dapat memperkuat fundamental dari para founders dan early-stage startup mereka di Indonesia.


Pada tahap seed round, startup dapat berkolaborasi dengan Tinc, sebuah akselerator korporat yang dapat melakukan research & piloting bersama startup dan membuka peluang komersialisasi. Startup yang siap untuk menginjak tahap series funding dapat bermitra dengan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang akan mendukung stabilitas melalui investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang.


Terakhir, INDICO adalah anak usaha Telkomsel yang menjadi holding company bagi inovasi-inovasi digital untuk tumbuh secara terukur dan berkelanjutan dengan memaksimalkan value creation dalam pengembangan produk, inkubasi bisnis, dan investasi strategis.

 

NextDev telah berlangsung sejak 2015 dalam bentuk program pencarian dan pengembangan startup digital Indonesia. Selama 8 tahun penyelenggaraannya, lebih dari 5.000 startup digital di seluruh Indonesia telah terlibat dengan Program NextDev. Hingga kini, lebih dari 100 startup telah terbantu oleh para mentor ahli dan modul pengembangan startup NextDev Academy 2023.


Pegiat startup dan pelaku industri kreatif digital dapat mengikuti perkembangan Program NextDev melalui laman n ext d ev.co.id, atau media sosial Instagram Linkedin, serta YouTube NextDev.id.(Endang Mucjtar).