EmitenNews.com—Sebagaimana diketahui, pembangunan IKN Nusantara hingga saat ini masih terus dikaji dengan menggunakan konsep smart city modern. Melihat potensi itu, PT PP (Persero) Tbk (PTPP) menggandeng LG CNS Company Limited (LG CNS) untuk mengembangkan proyek smart city di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Keduanya menandatangani nota kesepahaman atau MoU tersebut pada 7 Oktober 2022 lalu.


Dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan, PTPP bersama LG CNS optimistis kolaborasi yang dibangun dapat memberikan implementasi terbaik dalam penerapan Smart City di IKN nantinya.


Adapun konsep intelligent city sebagai wujud pengembangan dari konsep smart city dinilai akan dapat mendorong percepatan modernisasi kota, melalui pemanfaatan teknologi sebagai dasar pengembangan konsep ini.


"Kami berharap, kerja sama ini merupakan langkah yang baik agar ke depannya, kolaborasi ini dapat diimplementasikan lebih matang lagi dan dapat dituangkan dalam bentuk perjanjian kerja sama," kata Direktur Operasi Bidang Gedung PTPP Anton Satyo Hendriatmo dalam keterangan resminya, Senin (10/10/2022).


Anton menjelaskan bahwa,penerapan konsep intelligent city di IKN Nusantara tidak hanya dilakukan sebagai upaya dalam mensejajarkan IKN Nusantara dengan ibu kota lain yang telah mengusung konsep serupa, melainkan diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia dalam mengembangkan konsep tersebut, sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya juga kelestarian lingkungan.


Sementara itu, VP LG CNS Smart City & Mobility Business Unit LG CNS Benyamin Yoo mengatakan bahwa, dengan pengalaman yang dimiliki oleh LG CNS Smart City di Korea, ia yakin hal tersebut dapat menjadi tolok ukur yang sangat baik dalam memberikan kontribusi implementasi pengembangan smart city di Indonesia.


"Dengan berkolaborasi bersama PTPP, tentunya dapat memberikan sinergi terbaik di antara bidang konstruksi dan teknologi informasi untuk memberikan solusi kota pintar di IKN Nusantara," kata Benyamin.


Ke depannya, PTPP dan LG CNS akan terus melakukan kajian-kajian dari berbagai aspek, sebagai tindak lanjut pelaksanaan rencana kerja sama dalam pengembangan smart city di IKN Nusantara, di Kalimantan Timur.