EmitenNews.com—Jumlah perusahaan APAC yang diturunkan peringkatnya selama 3Q22 naik menjadi 17 dari 11 di 2Q22, sementara peningkatan turun menjadi hanya tiga dari 11. Homebuilder China mewakili 10 atau 59% dari penurunan peringkat 3Q. Likuiditas yang memburuk adalah faktor utama di balik 14 dari 17 penurunan peringkat 3Q, dan 54 dari 70 penurunan peringkat selama 12 bulan terakhir, kata Fitch Ratings..


Tiga perusahaan APAC menjadi 'malaikat yang jatuh' setelah diturunkan ke peringkat spekulatif dari peringkat investasi selama kuartal tersebut. Country Garden Holdings Company Limited diturunkan ke 'BB+'/Rating Watch Negative (RWN) dari 'BBB-'/RWN, dan Sino-Ocean Group Holding Limited menjadi 'BB'/RWN dari 'BBB-'/Negatif dalam dua langkah. Kedua penurunan tersebut mencerminkan fleksibilitas keuangan yang memburuk di tengah lingkungan operasi dan pembiayaan yang menantang di sektor properti China. Di Australia, Crown Resorts Limited juga menjadi malaikat yang jatuh, setelah aktivitas M&A mempercepat penurunan peringkat kami menjadi 'BB-'/Negatif dari 'BBB'/RWN.


Di antara tiga peningkatan tersebut, Sony Group Corporation ditingkatkan menjadi 'A-' dari 'BBB+' berkat profitabilitas yang konsisten dalam segmen game, musik, elektronik konsumen kelas atas, dan sensor gambar, yang menghasilkan peningkatan dalam pendapatan operasional secara keseluruhan.


Total kumulatif tindakan peningkatan dan penurunan peringkat kami di Korporasi APAC sejak 1Q19 mencapai 121 penurunan peringkat bersih; 14 penurunan peringkat bersih pada 3Q22 adalah yang tertinggi ketiga setelah periode puncak Covid-19 2Q20 pada 24 dan 1Q22 pada 17.