EmitenNews.com - Timnas Indonesia U-20 Piala Dunia 2023 resmi dibubarkan. Pelatih Shin Tae-yong mengungkapkan tentang pembubaran squad yang sedianya disiapkan bertanding di Piala Dunia U20 2023. Dengan gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah event dunia itu, setelah kena sanksi FIFA, alhasil batal pula kepesertaan tim merah putih. Pembubaran 

berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Sabtu (1/4/2023), setelah mendapat  kunjungan Presiden Joko Widodo.

 

Presiden Jokowi, dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan jajaran turut serta dalam agenda pembubaran skuad timnas U20 Indonesia di Stadion GBK itu. Meski gagal tampil di Piala Dunia, Shin Tae-yong mengatakan bahwa Presiden Jokowi suka menyaksikan pertandingan timnas Indonesia. 

 

“Pak Presiden tadi bicara selalu menonton pertandingan-pertandingan timnas dan melihat perkembangan yang baik,” jelas dia. 

 

Meski begitu. menurut Shin Tae-yong, Presiden Jokowi sangat kecewa karena Indonesia batal menyelenggarakan Piala Dunia U20 2023. Sangat disayangkan Piala Dunia U-20 tidak bisa bergulir di Indonesia, meski persiapan sudah matang.  Sayangnya lagi timnas yang jauh-jauh hari sudah dipersiapkan dengan matang, tidak bisa ikut bertanding.

 

Presiden Jokowi sengaja datang ke latihan terakhir timnas U20 Indonesia untuk memberikan semangat kepada skuad Garuda Nusantara. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, memahami kekecewaan yang menyelimuti para pemain timnas U20 Indonesia usai Piala Dunia U20 batal bergulir di Tanah Air. 

 

Presiden menitipkan pesan kepada seluruh pemain timnas U20 Indonesia untuk tetap tegar menghadapi keputusan FIFA, dan tetap rajin berlatih, meski piala dunia gagal dipertandingkan di Indonesia. “Saya hadir di Gelora Bung Karno Jakarta untuk memberikan semangat kepada timnas U20 Indonesia, agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan.” ***