EmitenNews.com - Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara diajak menciptakan produk inovatif dan menarik. Ajakan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Buton itu, penting untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

 

"Ke depan para perajin dengan kerajinannya harus terus berkembang dan berinovasi untuk meningkatkan nilai jual sehingga meningkatkan kesejahteraan keluarga," kata Ketua Dekranasda Buton Deisy Natalia Rompas Basiran dalam keterangan tertulis Kominfo Buton, Rabu (8/2/2023).

 

Ketua Dekranasda Buton Deisy Natalia Rompas Basiran sempat menyambangi perajin dan pelaku UMKM yang tersebar di empat kecamatan di kabupaten tersebut yakni Kecamatan Siotapina, Lasalimu Selatan, Lasalimu dan Kapontori.

 

Dari hasil kunjungan, istri Penjabat Bupati Buton ini menyampaikan permasalahan dari perajin atau pelaku IKM di empat kecamatan ini. Selain modal dan pemasaran adalah masih banyak yang belum legal atau belum terbentuk kelompok usaha sehingga tidak mudah mendapatkan bantuan dari pihak lain.

 

"Dari kunjungan di empat kecamatan, mayoritas perajin masih melakukan usahanya secara individu. Jadi perlu ada pembentukan kelompok usaha kerajinan yang menjadi wadah mereka agar legal sehingga mendapatkan bantuan dari pemerintah," ujar Deisy Natalia Rompas Basiran. ***