EmitenNews.com - Ini buntut dari insiden Will Smith tonjok Chris Rock di atas panggung Oscar 2022. The Academy of Motion Pictures Arts & Sciences mengumumkan, Will Smith dilarang menghadiri Academy Awards selama 10 tahun ke depan. Sebelumnya, ia juga meminta maaf secara terbuka kepada Chris Rock, dan pihak Academi. Lima hari setelah insiden yang mendunia itu, Will Smith memutuskan mundur dari The Academy.


"Academy telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun sejak 8 April 2022, Tuan Smith tidak akan diizinkan menghadiri acara atau program Akademi apa pun, secara langsung atau virtual, termasuk namun tidak terbatas pada Academy Awards," urai Presiden Akademi David Rubin dan CEO Dawn Hudson seperti dikutip dari CNN.com, Sabtu (9/4/2022).


Keputusan penting tersebut diambil dalam rapat dewan academy, di Los Angeles, Amerika Serikat, Kamis (8/4/2022). Keputusan itu muncul setelah banyak kalangan memperdebatkan konsekuensi yang harus ditanggung Will Smith atas aksinya tersebut.


Academy juga menyebutkan, Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan banyak individu di komunitas yang melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu. Sayangnya, saat-saat itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya ditunjukkan Will Smith di atas panggung.


"Selama siaran tidak cukup bisa menangani situasi di ruangan itu. Kami minta maaf. Ini kesempatan bagi kami untuk memberi contoh bagi para tamu, pemirsa, dan keluarga Akademi kami di seluruh dunia. Kami gagal, tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata mereka.


Will Smith mengaku salah. Karena itu, bintang besar ini meminta maaf atas tindakannya telah menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022, Minggu (27/3/2022) malam, waktu Los Angeles, atau Senin (28/3/2022) WIB. Kepada presenter Oscar itu, Will juga menyampaikan penyesalannya, seraya memohon maaf.


Kejadian bermula ketika Chris Rock, sebagai pembawa acara memutuskan berguyon sebelum membacakan pemenang kategori film dokumenter terbaik. di panggung Oscar 2022, Minggu (27/3/2022). Kebetulan, bahan guyonannya adalah istri Will Smith, Jada Pinkett yang tampil dengan kepala gundulnya, di samping sang suami –salah satu nominee, dan akhirnya terpilih sebagai aktor terbaik 2022.


Jada Pinkett tampil botak usai mencukur habis rambutnya, berkaitan dengan penyakit alopecia yang diidapnya, dan menyebabkan rambutnya rontok. Ia tampak tenang mendampingi Will Smith, yang belakangan terpilih sebagai salah satu pemenang ajang Academi Award 2022.


"Jada aku mencintaimu, 'G.I. Jane 2’ tidak sabar untuk melihatnya." Begitu canda Chris Rock kepada Jada Pinkett merujuk pada film G.I. Jane (1997) saat Demi Moore tampil botak.


Awalnya, terlihat semua baik-baik saja. Will Smith malah terlihat cengengesan mendengar candaan tersebut, meski dalam tangkapan kamera, Jada Pinkett terlihat berwajah kesal. Tetapi, tak lama kemudian, Will Smith terlihat berdiri dari bangkunya, dan berjalan, naik ke atas panggung. Lalu, terjadilah… Will Smith melayangkan bogem mentahnya ke wajah Chris Rock.


Chris Rock, dan sebagian besar hadirin sepertinya tidak menyadari bakal adanya insiden itu. Kedatangan Will Smith ke atas panggung tak diduga oleh Chris Rock. Ia semula mengira Will Smith akan ikut berguyon, hingga ayunan tangan aktor tersebut mendarat keras di pipinya.


Suara yang ditimbulkan akibat tamparan tersebut cukup keras, bahkan sampai terdengar oleh penonton di Dolby Theatre, dan sialnya, masuk ke siaran langsung. Aksi Will Smith menampar Chris Rock tersebut membuat penonton di lokasi atau yang menyaksikan siaran langsung, tercengang bukan main.


Apalagi, karena tidak hanya menampar, ketika sudah kembali ke tempat duduknya, di samping sang istri, Will Smith masih sempat berteriak kepada Chris Rock: "jangan sebut-sebut istri saya!"


Chris Rock yang nampak kaget, hanya berteriak: Will Smith baru saja menggampar saya.” Belakangan ia mengungkapkan, kerasnya pukulan Will Smith itu seperti tinju Mohammad Ali mendarat di pipi.


Belakangan Will Smith mengaku salah. Dalam hitungan jam, bintang besar ini meminta maaf atas tindakannya telah menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022, Minggu (27/3/2022) malam, waktu Los Angeles, atau Senin (28/3/2022) WIB. Kepada presenter Oscar itu, Will juga menyampaikan penyesalannya, seraya memohon maaf.


Dalam sebuah pernyataan di media sosial pada Selasa (29/3/2022) pagi waktu Indonesia, Will Smith menyebut tindakannya itu, tidak bisa diterima. Tidak bisa dibenarkan. "Kekerasan dalam segala bentuknya adalah beracun dan merusak. Perilaku saya di Academy Awards tadi malam tidak dapat diterima dan tidak dapat dibenarkan."


Will Smith mengaku menjadi emosional ketika di Panggung Oscar 2022, Chris Rock menjadikan sakit Jada Pinkett sebagai bahan candaan, melengkapi pengantarnya saat membawakan acara yang ditonton banyak warga di dunia itu. "Lelucon di dunia saya bagian dari pekerjaan. Namun, lelucon soal kondisi kesehatan Jada adalah terlalu berat bagi saya dan saya bereaksi emosional."