EmitenNews.com - Memasuki usia ke-74, Bank Tabungan Negara (BBTN) melakukan rebranding via peluncuran logo baru. Logo anyar, merupakan simbol keberhasilan, dan komitmen perseroan melanjutkan transformasi menjadi bank lebih modern, dan adaptif menghadapi digitalisasi. Rebranding itu, selaras transformasi perusahaan menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025. 

BTN meluncurkan logo baru pada gelaran BTN Anniversary Festival 2024, pada Minggu, 3 Maret, 2024 di Indonesia Arena, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Menteri BUMN Erick Thohir menyebut ulang tahun ke-74, dan peluncuran logo baru menjadi momentum BTN untuk melakukan percepatan transformasi. 

BTN harus mampu menjadi tumpuan solusi pembiayaan perumahan bagi masyarakat. Saat ini, 52 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan, dan diperkirakan meningkat menjadi 70 persen pada 2035. Pembiayaan untuk 600 ribu rumah tidak cukup memenuhi kebutuhan masyarakat, karena secara keseluruhan, (kekurangan) perumahan di Indonesia bertengger di angka 12,7 juta. 

BTN tentu sudah luar biasa. Maklum, 300 ribu dari 600 ribu rumah sudah dibiayai BTN. Namun, kata Erick, angka 1-1,5 juta rumah harus menjadi terobosan. BTN memiliki kapabilitas mencapai goal tersebut, karena kinerja meningkat beberapa tahun terakhir, baik sisi aset maupun penurunan kredit bermasalah. 

Itu menandakan BTN merupakan bank dengan kesehatan baik. ”Perjalanan BTN luar biasa setelah mencapai usia ke-74. Pada 2019, ketika saya menjadi Menteri BUMN, BTN hanya membukukan laba Rp200 miliar. Namun, sekarang sudah mencapai Rp3,5 triliun. Itu berarti BTN lebih sehat, dan akan memberikan layanan yang juga sehat,” ujar Erick. 

Erick berharap BTN dapat menjadi sebuah solusi untuk perumahan masa depan anak muda, sehingga BTN harus bekerja lebih keras, dan menyusun strategi besar. “Nafas logo baru tersebut harus benar-benar dimaknai oleh seluruh BTNers dalam menciptakan solusi bagi backlog perumahan kita," kata Erick. 

Turut hadir dalam seremoni itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Basuki mengatakan, logo merupakan bentuk tanggung jawab, dan kredibilitas bagi sebuah organisasi. Oleh karena itu, BTN harus menjaga makna logo baru. "Garis merah dulu di bawah kata BTN, sekarang berada di atas. Artinya, menjadi lebih sigap, dan efisien. Penggunaan huruf kecil berarti memasyarakat, sehingga BTN harus menjadi bank untuk rumah masyarakat," tegas Basuki. Sementara itu, Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu menambahkan, perubahan logo tersebut refleksi transformasi BTN. Di antaranya ranah digital untuk mendukung proses bisnis, dan layanan, dan operasional kantor-kantor cabang lebih modern. Dengan brand image lebih modern, dan kekinian, BTN siap bersaing untuk level lebih tinggi, dan menjadi bank pilihan utama nasabah. 

”BTN memperkenalkan logo terbaru lebih fresh, kekinian, dan mengikuti perkembangan zaman. Wajah baru itu, untuk mendukung pertumbuhan core business BTN sebagai bank terkemuka dalam pembiayaan perumahan secara berkelanjutan. Dengan logo baru pada usia ke-74, BTN unjuk gigi sebagai one stop financial solution bagi masyarakat untuk bertransaksi tidak hanya dalam pembiayaan perumahan tapi juga beyond mortgage,” beber Nixon. 

Logo baru BTN memiliki font atau bentuk tulisan menyimbolkan optimisme, dengan rancangan konstruksi berani, dan dinamis untuk menggambarkan BTN modern, dan relevan dengan perkembangan zaman. BTN menggunakan huruf kecil pada logo Bank BTN melambangkan bank mudah didekati, dan memahami kebutuhan nasabah, berpartisipasi aktif dalam perjalanan nasabah, dan membantu mencapai tujuan hidup. 

Perseroan berharap dapat menjadi rumah, tempat dimulainya perjalanan hidup. Garis merah di atas tulisan “btn” menyimbolkan visi bank yang progresif, dan terus melangkah maju. Bank BTN ingin memantapkan posisi sebagai lembaga keuangan visioner yang konsisten berkembang secara progresif. “Dengan terus menciptakan inovasi dan solusi melalui ekosistem perumahan, BTN memposisikan diri sebagai bank beyond mortgage atau bank yang melayani lebih dari KPR,” urai Nixon. 

Warna logo, yaitu Dynamic Blue, dan Stabilitas Merah mewakili bank yang inovatif, dan dinamis dalam upaya mengembangkan, dan menciptakan produk keuangan, bertujuan untuk membangun ekosistem keuangan inovatif, modern, dan andal. Secara filosofis, warna Dynamic Blue lebih hidup, dan segar dibanding warna biru lainnya. Warna itu, menggambarkan sifat percaya diri dalam menarik masyarakat lebih luas di luar batas negara. 

Di sisi lain, warna Stabilitas Merah melambangkan stabilitas, mencerminkan kekuatan, dan ketahanan institusi dibangun melalui pengalaman berharga selama bertahun-tahun. Perubahan logo BTN itu, efektif dilakukan pada 3 Maret 2024, dengan beberapa catatan. Pertama, tidak ada perubahan pada nama perseroan. Kedua, perubahan merek, dan logo tidak memengaruhi kerja sama sedang berlangsung, dan perjanjian telah disepakati, baik dengan nasabah maupun dengan pihak ketiga.

Ketiga, informasi lebih lengkap akan disampaikan melalui website BTN atau nasabah dapat menghubungi BTN Call. BTN Anniversary Festival 2024 sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-74, BTN mengadakan peluncuran rebranding logo itu, dalam acara bertajuk BTN Anniversary Festival 2024 pada Minggu, 3 Maret 2024 di Indonesia Arena, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Acara itu, dihadiri segenap manajemen, karyawan BTN, dan para keluarga. Sederet penyanyi, dan band ternama memeriahkan acara tersebut. Selain peluncuran logo baru, perseroan menggelar sejumlah rangkaian acara perayaan HUT ke-74 BTN, termasuk BTN Run (5K, 10K, dan Aquathlon), dan Fun Run 3K, Basket 3 on 3, BTN Culinary, dan BTN Soundphoria. 

Berikut detail berbagai acara tersebut. BTN Run (5K, 10K, dan Aquathlon) & Fun Run 3K Perlombaan lari diadakan BTN dengan kategori lari jarak 5 kilometer (KM), 10 KM, dan Aquathlon (berlari 2,5 KM – berenang 500 meter – berlari 2,5 KM) diikuti masyarakat umum maupun BTNers untuk meningkatkan brand engagement, dan brand awareness BTN dengan logo terbaru, berbagai produk, dan layanan milik BTN. 

Selain itu, untuk BTNers dan keluarga tidak mengikuti BTN Run, dapat mengikuti Fun Run berjarak 3 KM. BTN Culinary (Promo Spesial Rp7.400 atau diskon 74 persen) sebagai upaya meningkatkan potensi bisnis BTN dalam penyelenggaraan acara BTN Anniversary Festival 2024, perseroan menghadirkan promo harga spesial HUT BTN ke-74 sebesar Rp7.400 atau diskon 74 persen atau promo sejenis dengan transaksi pembelian melalui QRIS BTN Mobile, dan Kartu Debit BTN Visa dengan promo di 74 merchant, tenant, UMKM, maupun rekanan BTN dapat dinikmati BTNers, dan keluarga maupun masyarakat umum yang hadir dengan tema BTN Culinary. 

BTN Soundphoria sebagai daya tarik acara BTN Anniversary Festival 2024, perseroan menampilkan hiburan artis Indonesia yang dapat dinikmati BTNers dan keluarga, maupun peserta BTN RUN, dan BTN Aquathlon sebagai wujud apresiasi Bank BTN terhadap BTNers dan keluarga, serta upaya meningkatkan brand engagement, dan brand awareness BTN. Sejumlah artis tampil yaitu Ari Lasso, Gigi, Sammy Simorangkir, Armada, dan Ayu Ting Ting.