EmitenNews.com - Indeks saham di Asia pagi ini Jumat (25/2) dibuka menguat setelah indeks saham utama di Wall Street semalam secara drastis berbalik arah dan mengabaikan invasi Rusia ke Ukrania.


Indeks saham NASDAQ merubah penurunan 3.5% menjadi kenaikan 3.3% sementara S&P 500 berbalik arah dari turun 1.5% menjadi naik 1.5%.

Pemerintah AS mengumumkan sanksi baru atas Rusia yang meliputi pembekuan aset 5 banak terbesar di Rusia yang di simpan di AS. Mereka juga membekuan aset milik elit politik Rusia dan keluarganya yang selama ini mempunyai hubungan erat dengan Presiden Vladimir Putin.

AS juga melarang ekspor Teknologi AS ke Rusia untuk membatasi kemampuan Rusia dalam mengembangkan industri penerbangan, perkapalan dan sejumlah industri strategis lain.

Selain itu, Pemerintah AS berkordinasi dengan kelompak negara maju G7 untuk berusaha membatasi kemampuan Rusia dalam melakukan transaksi menggunakan mata uang EUR, USD, GBP atau JPY.

Di pasar komoditas, harga minyak mentah melemah dengan harga kontrak berjanagka (futures) minyak mentah jenis WTI ditutup di bawah USD93 per barel. Sedangkan harga kontrak berjangka (futures) minyak mentah jenis Brent merosot ke bawah USD100 per barel.

Presiden Biden melontarkan wacana untuk merilis lebih banyak lagi minyak mentah dari Cadangan Strategis (Strategic Reserve) AS dengan melakaukan kordinasi dengan negara lain.

Di tambah lagi, sejaiuh ini sanksi dari dunia barat belum nenyentuh sektor minyak dan gas (migas) Rusia sehingga dalam waktu dekat di prediksi tidak ada gangguan pasokan minyak dan gas dari Rusia.

Phillip Sekuritas memperkirakan IHSG di BEI hari ini berpeluang menguat di rentang support 6.740 dan resistance 6.910. Saham yang direkomendasikan adalah sebagai berikut.

PGAS
Short Term Trend : Bullish
Medium Term Trend : Sideways
Trade Buy : 1440
Target Price 1 : 1515
Target Price 2 : 1555
Stop Loss : 1365

ESSA
Short Term Trend : Bullish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 650
Target Price 1 : 715
Target Price 2 : 750
Stop Loss : 585

SIMP
Short Term Trend : Bullish
Medium Term Trend : Sideways
Trade Buy : 486-490
Target Price 1 : 510
Target Price 2 : 520
Stop Loss : 466.(fj)