EmitenNews.com - Ini komitmen kuat Indonesia dalam upaya memajukan isu-isu ekonomi kreatif dalam pemikiran global. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengemukakan itu pesan penting dalam penyelenggaraan World Conference on Creative Economy (WCCE) sebagai bagian dari side event Presidensi G20. Sandiaga, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendampingi Presiden Joko Widodo saat membuka acara itu.


"Bali Creative Economy Roadmap sebagai hasil dari WCCE 2022 nantinya akan menjadi pedoman masyarakat dunia dalam memasukkan ekonomi kreatif ke dalam rencana pemulihan ekonomi global," ujar Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat konferensi pers WCCE di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (6/10/2022).


Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia itu juga diharapkan dapat memberikan dampak yang besar kepada masyarakat yang terlibat pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi yang mempercepat kebangkitan setelah pandemi Covid-19, dan membuka lebih banyak lapangan kerja.


"Hal ini untuk menyelaraskan relevansi ekonomi kreatif dalam kerangka ekonomi global. Sudah menjadi tugas kami untuk memastikan ekonomi kreatif sebagai penggerak utama dalam pertumbuhan ekonomi," kata Sandiaga Uno.


Menurut Menparekraf Sandi, dua tahun terakhir telah menjadi momen penting dalam sektor ekonomi kreatif, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan. Bagusnya, saat ini situasi dinilai sudah mulai membaik, pekerja di sektor ekonomi kreatif mulai kembali menggeliat.


"Ini menunjukkan Industri kreatif berkembang pesat dan sekaligus menjadi pertanda bahwa peluang terbuka lebar untuk mencapai target yang diberikan presiden dalam mendukung penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” katanya.


Rangkaian WCCE 2022 yang mengangkat tema Inclusively Creative: A Global Recovery itu, meliputi tiga kegiatan. Di antaranya, WCCE Spotlight dan WCCE Expo/Creativillage yang menampilkan eksibisi/pameran kreatif, pertunjukan/showcasing, medium jejaring, dan sesi inspirator global di sektor ekonomi kreatif.


Kegiatan selanjutnya adalah The Friends of Creative Economy (FCE) Meeting yang merupakan forum diskusi dan debat antar-pentahelix ekonomi kreatif nasional dan global. Ketiga, Ministerial Meeting yang merupakan forum kebijakan ekonomi kreatif tingkat menteri yang akan menyepakati outcome document dari WCCE 2022. ***