EmitenNews.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku surprise dengan julukan WHOOSH untuk nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Ia menilai nama tersebut bagus, bahkan jika dibandingkan dengan kereta cepat Jepang Shinkansen.

 

"Saya sendiri surprise dapat kata WHOOSH. Saya terperangah, oh bagus juga ya," ujar Budi Karya Sumadi.

 

Pemerintah mengumumkan nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung, WHOOSH, Kamis (21/9/2023). Nama itu resmi dipilih menjadi nama kereta dengan kecepatan maksimal 350 km/jam itu.

 

"Namanya adalah WHOOSH," ungkap Ketua Tim Panel Penilai Lomba Identitas Jenama Kereta Cepat Indonesia Triawan Munaf dalam jumpa pers, Kamis (21/9/2023).

 

WHOOSH dipilih, setelah tim merasakan naik kereta peluru tersebut. Nama itu dilahirkan setelah semua merasakan, bagaimana cepatnya luncuran kereta itu. WHOOSH itu dalam bahasa asing, berarti cepat.

 

"Naik WHOOSH, ke mana-mana kita akan naik WHOOSH, jadi ini akan menjadi istilah yang sesuai. WHOOSH ini dalam bahasa asing artinya cepat itu dipilih karena juga harus diterima secara internasional. Kalau di Jepang Shinkansen, sekarang kita punya WHOOSH di Indonesia," tutur Triawan Munaf. ***