EmitenNews.com - Wuiiih. Ranking militer Indonesia melesat naik. Lihatlah data Global Fire Power, yang merilis ranking kekuatan militer dunia untuk tahun 2022. Militer Indonesia telah naik peringkat menjadi ranking 15 militer dunia, menggusur negara maju sekelas Jerman. Di posisi tiga besar, militer Amerika Serikat, Rusia dan China.


Seperti dikutip Minggu (16/1/2022), militer Indonesia naik 1 peringkat. Di tahun-tahun sebelumnya militer Indonesia bertahan di ranking 16. Militer Indonesia melesat ke ranking 15 dengan mendepak militer Jerman, sebelumnya Jerman penguasa ranking 15 militer dunia, kini berada di bawah Indonesia, ranking 16.


GFP merilis peringkat militer Indonesia naik karena skor power indexnya juga melesat dari 0.2684 menjadi 0.2251. Sebenarnya skor power indexnya militer Jerman juga naik, tapi tidak sesignifikan militer Indonesia. Saat ini skor power 0.2322, tahun lalu sebesar 0.2519. Sementara itu, militer Amerika Serikat, Rusia dan China masih menguasai ranking 3 besar militer dunia.


Dalam beberapa tahun ini militer Indonesia memang terus berbenah. Di antaranya, jumlah prajurit terus ditambah. Alat utama sistem pertahanan (Alutsista) juga ditingkatkan kemampuannya. Anggaran militer di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) juga telah dinaikan. Kemenhan dan TNI merupakan aktor utama di balik sukses naiknya ranking kekuatan militer Indonesia. ***