EmitenNews.com - Ini komitmen pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggelontorkan anggaran sampai Rp95 triliun untuk bidang ketahanan pangan 2023. Sasarannya, mendorong ketersediaan, akses hingga peningkatan kualitas pangan.


"Di bidang ketahanan pangan ini kita akan menganggarkan Rp95 triliun untuk mendorong peningkatan ketersediaan akses dan kualitas pangan," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatawarta dalam Raker bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, di Jakarta, Selasa (21/9/2022).


Anggaran ketahanan pangan tersebut naik 0,9 persen dibandingkan outlook tahun ini sebesar Rp94,1 triliun. Anggaran tersebut mengalami penurunan pada 2020 yang hanya Rp73,6 triliun dibandingkan pada 2019 Rp100,2 triliun.


Anggaran ketahanan pangan Rp95 triliun itu mencakup anggaran ketahanan pangan oleh Belanja Pemerintah Pusat Rp72,9 triliun dan Transfer ke Daerah (TKD) Rp22,1 triliun.


Arah kebijakan anggaran ketahanan pangan sebesar Rp95 triliun ini mencakup untuk meningkatkan produktivitas komoditas pangan strategis serta mendorong terciptanya sumber daya manusia (SDM) pertanian dan perikanan berdaya saing.


Lainnya, mendorong pemanfaatan teknologi dan data, pengembangan iklim inovasi serta memperkuat sistem logistik pangan nasional dan transformasi sistem pangan berkelanjutan. Selanjutnya mengakselerasi penyelesaian pembangunan infrastruktur sistem irigasi dan bendungan atau waduk. ***