EmitenNews.com - PT Bank Raya Indonesia (AGRO) memperkuat layanan inklusi keuangan masyarakat. Itu sekaligus memajukan agen laku pandai perseroan yaitu Agen BRILink. Per April 2022, Agen BRILink seluruh Indonesia mencapai lebih dari 550 ribu agen, dan ditarget mencapai 600 ribu agen hingga akhir 2022.


Sebagai bagian BRI Group, Bank Raya telah mengoptimalkan ekosistem BRI melalui peranan Agen BRILink dengan produk Pinang Paylater yang diluncurkan pada 8 Oktober 2021 lalu. Hingga posisi terakhir, total disbursement digital loan Pinang Paylater sebesar Rp245 miliar dengan jumlah number of accounts (NoA) kurang lebih 6.000 Agen BRILink. 


”Kami melihat peluang Agen BRILink dalam kegiatan operasional sehari-hari. Di mana, dalam memfasilitasi para Agen BRIlink mengalami short cash liquidity untuk penyediaan dana, BRI dan Bank Raya bekerja sama menyediakan fasilitas instant financing atau pinjaman berupa dana talangan untuk memenuhi permintaan transaksi pelanggan,” tutur Direktur Utama Bank Raya Kaspar Situmorang.


Pengajuan Pinang Paylater oleh Agen BRILink, diharap memenuhi kebutuhan transaksi agen maupun kebutuhan peningkatan modal kerja agen BRILink. Fasilitas produk dana talangan Agen BRILink atau Pinang Paylater merupakan pembiayaan bertenor pendek yaitu lima hari, 14 hari, dan 30 hari dengan maksimal plafon Rp25 juta. ”Kriteria kami garap dari populasi Agen BRILink Jawara dan Juragan, dengan potensi kurang lebih 50.000 Agen. Rata-rata pinjaman saat ini sebesar Rp15 juta dengan rata-rata tenor 23 hari. Kami harapkan bisa meningkatkan total disbursement hingga Rp7,7 triliun hingga akhir tahun,” harap Kaspar.


Manajemen Bank Raya Indonesia optimistis kerja sama dengan BRI akan berkontribusi bagi para Agen BRILink, salah satu pelaku gig economy sebagai salah satu pilar pertumbuhan pemulihan ekonomi di Indonesia. ”Selain itu, gig economy worker perwujudan UMKM baru yang penyaluran kredit dilakukan secara digital berbasis data,” ucap Kaspar.


Agen BRILink merupakan salah satu bagian penting tidak terpisahkan dalam mewujudkan strategi BRIVolution 2.0. ”Peningkatan peran dan tata kelola Agen BRILink menjadi fokus kami mendongkrak kualitas Agen BRILink dalam melayani masyarakat menghadirkan manfaat nyata dengan kenyamanan sedekat kerabat,” tambah Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto. (*)