EmitenNews.com -Indeks PEFINDO 25 adalah representasi/cerminan harga saham dari 25 emiten yang dipilih dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria, seperti: total aset perusahaan, tingkat pengembalian modal (Return on Equity/ROE) dan opini akuntan publik.

Selain itu, juga dipertimbangkan faktor likuiditas dan jumlah saham yang dimiliki publik dalam pembentukan indeks. 

Indeks PEFINDO 25 merupakan kerja sama antara Bursa Efek Indonesia dengan lembaga rating PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). Indeks ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan informasi bagi pemodal khususnya untuk saham-saham emiten kecil dan menengah (Small Medium Enterprises/SME).

Sedangkan 10 saham yang sebelumnya ada dalam circle Indeks Pefindo25 periode 1 Agustus 2023 hingga 31 januari 2024 dan kini terdepak untuk periode selanjutnya adalah AKR Corporindo (AKRA), Baramulti Suksessarana (BSSR), Dharma Satya Nusantara (DSNG), Hexindo Adiperkasa (HEXA), Hartadinata Abadi (HRTA), Mitra Keluarga Karyasehat (MIKA), Cikarang Listrindo (POWR), Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul (SIDO), Selamat Sempurna (SMSM), dan Surya Semesta Internusa (SSIA).

Berdasarkan hasil telaah dengan menggunakan kriteria universe dan konstituen, maka dengan ini diumumkan perubahan anggota indeks PEFINDO25 yang akan berlaku untuk periode 1 Februari 2024 hingga 31 Juli 2024 adalah sebagai berikut:

1 ACES - Ace Hardware Indonesia Tbk

2 ADMR - Adaro Minerals Indonesia Tbk*

3 ASRI - Alam Sutera Realty Tbk

4 AUTO - Astra Otoparts Tbk*

5 BFIN - BFI Finance Indonesia Tbk

6 BTPS - Bank BTPN Syariah Tbk

7 DILD - Intiland Development Tbk*

8 DOID - Delta Dunia Makmur Tbk

9 ELSA - Elnusa Tbk

10 ENRG - Energi Mega Persada Tbk

11 ERAA - Erajaya Swasembada Tbk

12 ESSA - ESSA Industries Indonesia Tbk*