Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan, investor muda ini masih mendominasi meski penguasaan asetnya tidak sebesar investor dari kategori usia yang lebih matang. Sampai Agustus 2023, penguasaan aset terbesar dimiliki sebanyak 2,88 persen investor berusia 60 tahun ke atas dengan besaran mencapai Rp896,44 triliun.

 

Jeffrey menekankan bahwa pihaknya terus berupaya menjadikan pasar modal lebih akrab dan inklusif bagi generasi muda "Investor muda dengan nilai investasi kecil tentu sangat kami hargai. Anak muda yang peduli pada masa depan dengan mulai berinvestasi di pasar modal sejak dini tentu sangat baik," ujar Jeffrey. 

 

Ramainya investor muda menurut Jeffrey, tidak lepas dari upaya BEI dan institusi lain pendukung pasar modal dalam memperkenalkan investasi dan produk-produknya "Dengan adanya 29 kantor perwakilan BEI, 800 galeri investasi di perguruan tinggi, sekolah, dan institusi lain yang tersebar di Indonesia membuat akses semakin mudah," tuturnya.

 

Gen Z adalah generasi terbesar di Indonesia, menurut Sensus Penduduk 2020, yakni 74,93 juta atau 27,94 persen dari total penduduk. Generasi kelahiran 1996-2012 ini telah atau segera memasuki usia produktif, dengan potensi pendapatan yang juga terus meningkat beberapa tahun ke depan. 

 

Jumlah dan potensi besar dari Generasi Z menjadikan mereka sebagai salah satu target utama program perluasan basis investor dalam negeri dan pendalaman pasar keuangan lokal. Karakteristik Gen Z yang sangat mahir dalam hal digital dan unik menjadikan kebutuhan investasi mereka berbeda dari generasi sebelumnya, hal ini penting untuk dipahami oleh pihak otoritas.

 

Kemudahan Teknologi

 

Ahli hukum investasi dan sustainability Rio Christiawan berpendapat, minat generasi Z untuk berinvestasi di pasar modal didukung dengan kemajuan dan kemudahan teknologi yang dekat dengan mereka. Karakter mereka dalam memenuhi hasrat dan kebutuhan finansial juga sesuai dengan model investasi di bursa yang dinamis. 

 

"Ciri khas dari Gen Z adalah tingkat keterikatan yang rendah pada pekerjaan yang sifatnya tetap dan hanya mengandalkan gaji bulanan. Di sisi lain, ada kecenderungan untuk memenuhi gaya hidup yang memerlukan biaya," ujar Rio, Selasa (21/11/2023).