EmitenNews.com—PT Asahimas Flat Glass Tbk (AMFG) berharap dapat meningkatkan kinerjanya sepanjang 2023. Perusahaan tersebut mencoba memanfaatkan momentum tingginya permintaan di pasar otomotif.

 

Corporate Secretary Asahimas Flat Glass Christoforus mengatakan, perseroan menginginkan perolehan penjualan dan laba bersih yang lebih baik pada 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.

 

Salah satu penopang kinerja AMFG tahun ini adalah tingginya permintaan kaca otomotif. Hal ini berkaca pada penjualan mobil nasional yang menyentuh 1 juta unit dan ekspor lebih dari 400 ribu unit pada tahun lalu.

 

AMFG pun sebagian besar penjualan kaca otomotifnya ditujukan untuk pasar domestik. AMFG memiliki modal berharga lantaran memiliki 8 dealer dan 12 sub dealer di berbagai daerah Indonesia untuk mendukung pemasaran produk kaca otomotif.

 

Sejumlah pelanggan kaca otomotif original equipment manufacturer (OEM) telah menjadi pelanggan bagi AMFG, mulai dari Toyota, Honda, Mitsubishi Motors, Daihatsu, Suzuki, Isuzu, Hino, Hyundai, Wuling, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks.


Perusahaan ini juga memasok kaca otomotif untuk kendaraan alat berat seperti Hitachi, Yanmar, dan Iseki.

 

"Kami harap bisa berkontribusi dengan menambah pelanggan baru di sektor kaca otomotif," kata Christoforus.

 

Diketahui, penjualan neto AMFG tumbuh 18,68% year on year (YoY) menjadi Rp4,13 triliun per kuartal III-2022. Kaca otomotif berkontribusi sekitar 29% dari total penjualan neto perusahaan kala itu.

 

Di saat yang sama, laba bersih AMFG ikut melesat 176,82% menjadi Rp539,39 miliar.