EmitenNews.com - PT Avia Avian Tbk (AVIA) atau lebih dikenal dengan Avian Brands, melangsungkan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO).  Market leader industri cat dekoratif di Indonesia ini, menawarkan sebanyak-banyaknya 10 persen saham kepada publik, domestik dan internasional. Avian Brands menunjuk Morgan Stanley, UBS, dan Credit Suisse sebagai joint global coordinators, serta PT Mandiri Sekuritas sebagai domestic lead underwriter.


Ruslan Tanoko, Wakil Direktur Utama, dalam keterangan pers secara daring di Surabaya, Jumat (12/11/2021), mengungkapkan, sebagai pemimpin pasar di industri cat dekoratif, dengan pusat distribusi terbanyak di Indonesia per 31 Mei 2021 berdasarkan laporan Frost & Sullivan, Avian Brands sangat siap menangkap kesempatan yang ada. “Avian Brands memiliki varian produk portofolio lengkap dan berhasil membentuk pusat distribusi yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara."


Roadshow dan penawaran awal (bookbuilding) saham Avian Brands akan dilangsungkan pada 12-18 November 2021. Pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan terbit pada 29 November 2021. Masa penawaran umum pada 1 - 3 Desember 2021 dan pencatatan saham (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 7 Desember 2021. Avian Brands akan menggunakan dana hasil IPO untuk modal kerja, belanja modal (capital expenditure), dan pembayaran kembali utang bank Avian Brands dan entitas anak. (Eko Hilman). ***