EmitenNews.com - Kolaborasi PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF bersama PT Bank Mandiri Taspen menyalurkan kredit serbaguna konsumtif. Kerja sama ini dijalin untuk pembiayaan perumahan beragunan payroll dan kredit serbaguna pensiunan dengan total sebesar Rp1 triliun.

 

"Kolaborasi ini merupakan dukungan SMF kepada upaya pemerintah dalam mengakselerasi ketersediaan akses pemilikan rumah yang layak dan terjangkau bagi masyarakat, sehingga dapat menekan backlog perumahan," kata Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

 

Kerja sama melalui skema refinancing ini, SMF berperan menyediakan fasilitas  pendanaan kepada Bank Mandiri Taspen. Sasarannya, mendukung peningkatan penyaluran pembiayaan pemilikan rumah bagi masyarakat yang membutuhkan.

 

Kerja sama refinancing tersebut bertujuan menggantikan sumber dana Bank Mandiri Taspen yang telah disalurkan kepada kredit serbaguna konsumtif untuk pembiayaan perumahan beragunan payroll dan kredit serbaguna pensiunan.

 

Mekanisme agunan bersumber dari pemotongan gaji atau tunjangan pensiun setiap bulan dengan minimal jaminan payroll gaji atau tunjangan pensiun atau surat keputusan (SK) pengangkatan yang telah memenuhi kriteria seleksi Bank Mandiri Taspen.

 

"Saya harap masyarakat, khususnya para pensiunan, dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya," tutur Ananta Wiyogo. ***