EmitenNews.com—PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan sebanyak 143 perusahaan terbuka (emiten) terancam kena sanksi akibat terlambat menyampaikan laporan keuangan tahun 2022.

 

Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 1 BEI, Adi Pratomo Aryanto mencatat dari 853 perusahaan tercatat, sebanyak 143 emiten ini diberi peringatan tertulis I karena hingga periode 31 Maret 2023 belum menyampaikan laporan keuangan auditan yang berakhir per 31 Desember 2022.

 

"Mengacu pada ketentuan II.6.1 Peraturan Bursa Nomor 1-H tentang sanksi, Bursa telah memberikan peringatan tertulis I kepada 143 perusahaan tercatat yang tidak memenuhi kewajiban penyampaian laporan keuangan auditan yang berakhir per 31 Desember 2022 secara tepat waktu," tulis Adi dalam pengumuman resminya, Selasa (11/4).

 

Sementara itu terdapat 678 emiten yang sudah menyampaikan laporan keuangannya secara tepat waktu kepada BEI. Selanjutnya terdapat 7 emiten memiliki tahun buku yang berbeda yaitu Januari, Maret dan Juni dengan rincian 1 emiten telah menyampaikan laporannya secara tepat waktu.

 

"Kemudian ada 6 perusahaan tercatat yang belum menyampaikan laporan keuangan dan belum melewati batas waktu," lanjutnya.