EmitenNews.com - Saling berbagi informasi atas kinerja ekonomi dan kebijakan domestik, itulah yang terjadi saat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan bilateral dengan Menkeu Thailand Arkhom Termpittayapaisith, di Badung, Bali, Kamis (30/3/2023).

 

Dalam pertemuan yang menjadi bagian dari rangkaian pertemuan pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (1st ASEAN Finance Ministers and Governor of Central Bank/AFMGM) itu, Menkeu Thailand mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Indonesia selaku tuan rumah atas penyelenggaraan 1st AFMGM.

 

Terkait rencana penyelenggaraan 2nd AFMGM, Menkeu Arkhom juga mendukung sepenuhnya. Mereka juga memberi masukan konstruktif demi suksesnya pertemuan kedua Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN yang akan diadakan pada Agustus.

 

Menkeu Sri Mulyani juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Thailand sebagai tuan rumah pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) dan Bank Dunia (World Bank) pada 2026.

 

Selama pertemuan, Menkeu Arkhom dan Menkeu Sri Mulyani saling berbagi informasi atas kinerja ekonomi dan kebijakan domestik di kedua negara.

 

Menkeu Arkhom menyampaikan pemulihan sektor ekonomi utama seperti pariwisata yang masih belum diimbangi pulihnya kondisi ketenagakerjaan di sektor tersebut. Sementara itu, ekspor nonmigas masih terus menunjukkan penguatan terutama untuk ekspor komoditas pangan dan kendaraan bermotor. ***