EmitenNews.com - PT Global Sukses Solusi (RUNS) menyiapkan dana taktis Rp786,84 juta. Anggaran itu, dialokasikan untuk buyback saham tidak lebih 20 persen dari modal disetor, dan paling sedikit saham beredar 7,5 persen. 


Periode buyback dilakukan sepanjang tiga bulan. Itu terhitung sejak 6 Oktober 2022 sampai 5 Januari 2023. Dana untuk buyback diambil dari kas internal, itu belum termasuk biaya pembelian kembali saham, komisi pedagang perantara, dan biaya lain berkaitan dengan pembelian kembali saham. 


Buyback tidak akan berdampak negatif terhadap biaya operasional, sehingga laba-rugi diperkirakan masih sejalan dengan target perseroan. Apalagi, perseroan memiliki modal, dan cash flow cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usaha.


Menyusul Aksi itu, total aset perseroan akan menjadi Rp84,17 miliar dari sebelumnya Rp84,96 miliar. Ekuitas menjadi Rp71,52 miliar dari sebelum buyback Rp72,30 miliar. Laba per saham dasar menjadi Rp0,171, dan laba tahun berjalan stabil di kisaran Rp167,63 juta. 


Perseroan berencana menyimpan saham hasil buyback sebagai treasury stock dengan jangka waktu tidak lebih dari tiga tahun sejak berakhirnya pembelian kembali saham. Setelah pembelian kembali saham dilaksanakan seluruhnya atau setelah berakhirnya masa pembelian kembali saham, perseroan akan melakukan pengalihan atas saham hasil pembelian kembali saham dengan tentunya memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan berlaku khususnya POJK No. 2/2013. (*)