EmitenNews.com - Transcoal Pacific (TCPI) berencana melakukan private placement 500 juta lembar. Penerbitan saham baru itu, setara 10 persen dari modal ditempatkan, dan disetor penuh perseroan. Dan, saham baru tersebut dibalut dengan nilai nominal Rp100 per lembar. 


Hajatan itu digelar untuk memperkuat, mengembangkan, dan mendorong pertumbuhan usaha perseroan. Selain itu, juga untuk mewujudkan visi perseroan menjadi penyedia jasa angkutan laut, logistik terbaik, dan terpercaya di Indonesia. Transaksi itu, diharap dapat mendongkrak pendapatan, daya saing, memberi efek positif bagi pelanggan, dan pemangku kepentingan. 


Tindakan itu, juga dilatari oleh kinerja positif perseroan dari tahun ke tahun. Kondisi itu, membuat perseroan butuh untuk memperkuat struktur permodalan, dan keuangan dalam kegiatan usaha sangat krusial dan amat penting dilakukan secara saksama. 


Aksi tersebut akan memperbaiki struktur permodalan, dan keuangan perseroan. Mendapat tambahan dana untuk memperkuat permodalan, pengembangan usaha, dan pertumbuhan perusahaan. Jumlah saham beredar akan bertambah akan mendorong likuiditas perdagangan saham. Diversifikasi sumber pendanaan perseroan dari pasar modal selain dari pinjaman bank.


Saat ini, perseroan belum memiliki calon pemodal untuk memuluskan rencana tersebut. Rencana itu, akan dipentaskan setelah mendapat persetujuan dari investor. Oleh karena itu, perseroan akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa pada Jumat, 6 Januari 2023 pukul 14.00 WIB. Rapat berlangsung di Medan Room, Lantai 1, The Westin Jakarta. (*)