Simon Gunawan, Senior ETF Business Mirae Asset Sekuritas, mengatakan masih optimisnya pelaku pasar terhadap IHSG hingga akhir tahun turut membuat semakin tingginya minat investor terhadap produk-produk investasi, salah satunya yaitu reksa dana yang dapat ditransaksikan di bursa (Exchange Traded Fund/ETF).

 

Tingginya minat investor pada ETF, juga terlihat dari kenaikan jumlah transaksi ETF di BEI. Melalui ETF, investor dapat berinvestasi dengan mudah pada kumpulan saham dengan tema tertentu, seperti perusahaan yang dinilai ramah lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (environmental, social and corporate governance/ESG) yang sedang menjadi tren investasi global dan nasional. Salah satu indeks di BEI yang terdiri atas saham-saham perusahaan yang menerapkan ESG yaitu IDX ESG Leaders.

 

Bekerja sama dengan PT Capital Asset Management sebagai penerbit ETF, Mirae Asset Sekuritas berperan sebagai dealer partisipan yang menjaga likuiditas Reksa Dana Indeks Capital ETF IDX ESG Leaders (XCEG) yang baru tercatat di papan transaksi Bursa Efek Indonesia pada 28 April 2022.

 

Sebagai dealer partisipan XCEG, Mirae Asset Sekuritas turut memfasilitasi investor yang ingin bertransaksi ETF di pasar primer maupun sekunder. Tahun lalu, Mirae Asset Sekuritas menjadi dealer partisipan untuk salah satu produk ETF yaitu Reksa Dana Indeks Nusadana ETF IDX Value30 (XNVE) yang masuk ke dalam top 10 ETF teraktif dari value transaksi, volume dan frekuensi pada pasar sekunder.