EmitenNews.com - PT Timah Tbk (TINS) menghabiskan dana eksplorasi Rp44,83 miliar. Dana tersebut untuk kegiatan eksplorasi sepanjang kuartal III-2021. Aktivitas eksplorasi fokus pada komoditas timah.


Rincian biaya tersebut, untuk kegiatan operasional sejumlah Rp39,12 miliar, dan biaya Investasi sebesar Rp5,70 miliar. Kegiatan eksplorasi perseroan pada laut, berupa kegiatan pemboran rinci perairan Bangka (L Deniang,L. Cupat, L. Ranggam, L. kantung dan L penganak ), dan perairan Kundur ( L Paya kundur, l Rangsang ) dengan menggunakan 5 unit Kapal Bor dengan total meter bor sebanyak 29.145 meter.


Kegiatan eksplorasi darat meliputi pemetaan, geomagnet, core logging, percontoan core, pengukuran grid bor, dan pemboran timah (primer & alluvial) di pulau Bangka (Tempilang, Payung, Toboali, Petar, Jebus, Mentok) dan Belitung (Parti tebu, A.antu, A Rotan, Birah dan Batu besi, membalong). ”Total meter bor 12.504 meter,” tutur Abdullah Umar, Sekretaris Perusahaan Timah, Jumat (8/10).


Rencana kegiatan eksplorasi kuartal IV-2021, mengevaluasi, dan melanjutkan kegiatan sebelumnya. Kegiatan pemboran prospeksi dan pemboran rinci dilaut direncanakan menggunakan 5 kapal bor dialokasikan di perairan Bangka (L. penganak, L Ranggam dan L Deniang) dan perairan Kundur, sedangkan di darat untuk pemboran timah (primer & alluvial) di pulau Bangka (tempilang, payung, Toboali) dan Pulau Belitung (Birah, Batu besi). (*)